Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2020, 20:22 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Belakangan ini plester jerawat sedang digemari. Plester kecil ini bisa ditempelkan langsung ke jerawat untuk mengeringkannya lebih cepat.

Plester jerawat yang di jual di pasaran memiliki beberapa model dan jenis. Ada yang polos berbahan elastis tembus pandang, adapula yang berbentuk bintang kuning dan bentuk bunga yang dihiasi permata.

Sementara itu data dari American Academy of Dermatology (AAD) menyebutkan, bahwa 50 juta orang per tahun mengalami masalah kulit berupa jerawat.

Jerawat tidak hanya berdampak pada orang yang melalui masa pubertas. Sekitar 15 persen wanita dewasa juga mengalami masalah jerawat, menurut AAD.

Baca juga: Apa Penyebab Munculnya Jerawat Batu yang Menjengkelkan?

Membersihkan jerawat bukan sekadar tentang mencapai kulit bersih bercahaya. Pasalnya, jerawat juga bisa berdampak pada kesehatan mental.

Sebagai contoh, sebuah penelitian di tahun 2016 menemukan bahwa 45 persen sumber terpercaya dari orang berjerawat mengalami fobia sosial, dibandingkan dengan 18 persen orang tanpa jerawat.

Sedangkan, plester jerawat ini berjanji untuk meringankan beban para pemilik jerawat yang terlalu besar untuk diabaikan saat ingin bepergian.

Baca juga: Jerawat Jadi Keluhan 2 Juta Orang Indonesia, Apa Solusinya?

Bagaimana cara kerja plester jerawat?

Lavanya Krishnan, seorang dokter kulit bersertifikat, mengatakan bahwa penting bagi orang untuk memahami apa jenis plester jerawat yang efektif.

Selain itu, jenis jerawat yang diderita juga harus diketahui. Faktanya, jerawat yang mudah diobati, adalah jerawat superfisial.

Sedangkan plester jerawat ini, kata Krishnan, kerap digunakan pasien untuk jenis jerawat kistik yang lebih dalam.

“Mereka bertujuan untuk mengobati jenis jerawat yang dangkal, seperti benjolan yang dipenuhi nanah, komedo, dan whiteheads. Tidak mungkin tambalan ini menembus ke tingkat yang akan dapat membantu jerawat kistik, "kata Krishnan.

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Bruntusan di Pipi

Plester jerawat yang terbuat dari hidrokoloid, yakni yang mampu membalut menyerap kelembaban, yang juga biasa digunakan untuk membantu menyembuhkan luka kronis.

"Dressing Hydrocolloid dimaksudkan untuk menyerap cairan untuk jerawat (yang kering),” jelas Krishnan.

Dengan mengabsorpsi racun yang terperangkap di bawah kulit kita, sekaligus melindungi jerawat dari bakteri eksternal, sinar matahari, atau keinginan kita memencet jerawat, stiker jerawat dapat mempercepat penyembuhan.

"Hal baik lainnya tentang plester jerawat ini adalah mereka bertindak sebagai penutup dan mencegah kita memencet jerawat,” kata Krishnan.

Karena seperti kita tahu, memencet jerawat dapat menyebabkan jaringan kulit rusak, yang membuat kulit akan terlihat lebih buruk.

"Ada juga manfaat untuk mencegah paparan sinar matahari pada penyembuhan jerawat, dan plester melakukan itu," tambahnya.

Baca juga: Kegunaan Baking Soda untuk Jerawat, Apakah Aman dan Efektif?

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com