Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Tara Basro, Mencintai Tubuh Sendiri Punya Banyak Manfaat

Kompas.com - 04/03/2020, 17:10 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Aktris Tara Basro menjadi perbincangan hangat di media sosial setelah mengunggah foto tubuh curvy-nya lengkap dengan lipatan perut dan stretch mark.

Lewat keterangan foto, Tara mengungkapkan maksudnya mengunggah foto tersebut adalah untuk menyebarkan pesan positif pada semua orang dalam memandang tubuh masing-masing.

"Andaikan kita lebih terbiasa untuk melihat hal yang baik dan positif, bersyukur dengan apa yang kita miliki dan make the best out of it daripada fokus dengan apa yang tidak kita miliki," tulis Tara Basro seperti dikutip Kompas.com, Rabu (3/3/2020).

Baca juga: Lelah Ikuti Standar Kecantikan, Tara Basro Unggah Foto Tubuh Curvy

Unggahan Tara pun dibanjiri respons positif warganet. Di Twitter, misalnya, kata kunci "Tara Basro" bertengger di daftar topik terpopuler (trending topic).

Banyak pula yang menganggap unggahan Tara sebagai langkah inspiratif yang membuat mereka semakin bersyukur dengan apa yang dimiliki oleh dirinya meski dengan segala kekurangan yang ada.

"Kata orang, stretch mark kehamilan itu jelek, tapi menurutku itu adalah karya seni indah, alami, karunia Allah. Gak semua orang bisa memiliki, bahkan banyak yang berjuang bertahun-tahun untuk itu. Jadi kalau ada yang komentar mengenai perutku, gak masalah, hanya beda sudut pandang," tulis akun @irtikcantik.

"Belakangan ini lagi insecure banget sama bentuk badan. Nggak pede sama perut, paha dan betis yang besar. Terus liat postingan ini, harusnya ku juga sayang tubuhku sendiri," tulis @pamuladwi.

Beberapa orang memuji keberanian Tara untuk berbeda dari banyak figur publik lainnya yang selalu berupaya tampak sempurna di depan kamera.

"Seseneng itu liat public figure yang gak menutup-nutupi lipatan di perut!!" tulis @pikarindu_

Baca juga: Gemuk Setelah Melahirkan, Chrissy Teigen Tak Ambil Pusing

Ini bukan kali pertama Tara mengungkapkan pandangannya mengenai standar fisik lewat media sosial, termasuk melalui akun Instagramnya.

Misalnya, pertengahan Februari lalu aktris yang berperan pada film Pengabdi Setan itu pernah berkomentar mengenai fenomena suntik putih abal-abal yang membuat sejumlah orang justru merusak kulitnya sendiri.

Ia juga tak sendiri. Banyak merek-merek ternama dunia serta figur publik di luar tanah air yang juga menggaungkan nilai serupa.

Sebut saja nama Chrissy Teigen, Serena Williams, Demi Lovato hingga Kourtney Kardashian yang juga pernah "memamerkan" stretch mark dan lipatan-lipatan di tubuhnya.

Tapi, tahukah kamu bahwa mengungkapkan nilai-nilai positif tentang tubuh sendiri (body positivity) rupanya memiliki banyak manfaat?

Baca juga: Unggah Foto Tubuh Curvy, Tara Basro Tuai Respon Positif dari Warganet

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com