Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Najwa Shihab Bela Kalista Iskandar yang Tak Hafal Pancasila

Kompas.com - 07/03/2020, 18:27 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Presenter Najwa Shihab angkat suara tentang tak berhasilnya finalis 6 besar Puteri Indonesia 2020 Kalista Iskandar saat melafalkan Pancasila pada Malam Puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2020, Jumat (6/3/2020).

Menurut Najwa hal tersebut wajar terjadi saat harus berbicara di depan banyak orang. Ia sendiri, pernah mengalami hal serupa.

“Saya jadi teringat pengalaman siaran langsung pertama kali. Gugup luar biasa. Saya sampai salah menyebut nama sendiri. Bayangkan, perdana muncul di televisi tapi memperkenalkan diri sebagai orang lain,” tulis Najwa dalam Instagram pribadinya, Sabtu (7/3/2020).

Rasa gugup juga dihadapi Najwa saat meliput bencana gempa dan tsunami di Aceh pada 2006 lalu.

“Karena kekalutan situasi saya salah menyebut Kota Calang menjadi Calung. Usai laporan langsung itu, saya dihampiri oleh seorang bapak sambil menangis, karena ia masih menunggu kabar dari keluarganya di kota yang saya salah sebut tadi,” tulis Najwa lagi.

Baca juga: Tak Hafal Pancasila, Ini Penjelasan Kalista Iskandar

Untuk itu ia mengaku sangat memahami perasan gugup yang dialami Kalista di ajang tersebut.

“Jadi saya bisa memahami kegugupan yang pasti berkali-kali lipat dihadapi Kalista tadi malam. Hanya diberi waktu menjawab 30 detik di tengah riuh rendahnya sorakan penonton,” tulisnya.

Najwa juga mengungkap bagaimana sang pemberi pertanyaan, Ketua MPR Bambang Soesatyo juga pernah menghadapi situasi yang sama dengan finalis Puteri Indonesia asal Sumatera Barat tersebut.

“Saat momen pelantikannya menjadi Ketua DPR. Walau bukan hapalan, karena ia dituntun saat mengucapkan sumpah, tapi ia juga sempat salah ucap sumpah. Bahkan sampai 3 kali. We are all humans after all. #CatatanNajwa,” tutupnya.

Baca juga: INFOGRAFIK: Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida Putri

Kalista Iskandar menjadi perbincangan setelah gagal melafalkan Pancasila saat memasuki sila keempat dan kelima. Hal itu terjadi dalam sesi tanya jawab dari dewan juri dan media sosial pada Top 6 Indonesia 2020.

Pada kesempatan itu, Kalista diminta melafalkan ke-5 sila dari Pancasila oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com