Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana yang Lebih Baik: Alarm Bangun Tidur yang Lembut Atau Agresif?

Kompas.com - 17/03/2020, 19:45 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Tidak berlebihan jika terbangun tanpa alarm bangun tidur adalah ciri tidur berkualitas. Itu idealnya.

Namun kenyataannya, ada banyak orang yang susah meninggalkan nyamannya kasur tanpa alarm bangun tidur. Nah, mana yang lebih baik, terbangun dengan alarm lembut atau bunyi yang agresif?

Idealnya, alarm bangun tidur tidak mengagetkan. Suara yang lembut dan perlahan “menggiring” tubuh terbangun dari tidur lelap akan membuat tubuh tidak stres. Apalagi, bunyi agresif juga tidak baik untuk detak jantung dan tekanan darah.

Jika Anda masih terpikir bahwa “mengagetkan” tubuh dengan alarm bangun tidur adalah hal yang efektif untuk memulai hari, coba pikir ulang.

Ketika tubuh mendengar suara terlalu keras dan agresif, maka sistem saraf simpatik akan aktif.

Ketika sistem saraf simpatik aktif, maka “fight” atau “flight” akan mengambil alih mekanisme tubuh. Tubuh akan berada dalam kondisi tertekan atau stres.

Artinya, memilih alarm bangun tidur yang mengagetkan hanya akan membuat tubuh memulai hari dalam kondisi stres fisiologis.

Belum lagi jika seseorang masih bergulat dengan cara mengatasi susah tidur. Tidur semalaman belum tentu berkualitas, ditambah lagi dengan pemicu stres berupa alarm bangun tidur terlalu keras.

Sebuah penelitian dari National Institute of Industrial Health di Jepang menemukan bahwa suara bising dari alarm bangun tidur tidak baik untuk jantung. Tekanan darah dan detak jantung bisa naik tiba-tiba sehingga level stres meningkat.

Baca juga: 5 Cara Agar Bangun Tidur dengan Kondisi Segar

Lalu, bagaimana suara alarm bangun tidur yang ideal?

1. Coba eksperimen

Tentu setiap orang memiliki selera musik dan preferensi suara yang berbeda, termasuk ketika berurusan dengan alarm bangun tidur.

Ada yang tidak suka dengan suara ombak atau kicau burung, ada pula yang suka dengan suara itu karena mengingatkannya akan memori menyenangkan di masa lalu.

Mengingat tiap orang punya selera yang beragam, cobalah bereksperimen dengan pilihan alarm bangun tidur lembut yang disukai.

Tak hanya nada, tapi juga bagaimana alarm bangun tidur secara perlahan menjadi lebih kencang atau intens. Pilih mana yang paling alami untuk Anda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com