Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Bawang Putih Sembuhkan Corona, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 21/03/2020, 15:20 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Di tengah hangatnya pembahasan virus corona (Covid-19), banyak kabar burung mengenai solusi pengobatan rumahan yang dianggap ampuh mengobati virus corona.

Salah satunya air bawang putih yang diklaim mampu sembuhkan virus corona.

Sayangnya, tidak semua informasi yang tersebar di luar sana dapat dipercaya. Demi keselamatan bersama, ada baiknya kita tidak “menelan” mentah-mentah segala informasi yang belum ada bukti ilmiahnya. Apakah benar air bawang putih bisa sembuhkan virus corona?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kebenaran bawang putih sebagai obat virus corona, Anda juga perlu tahu kegunaan bawang putih di dalam dunia medis.

Baca juga: 12 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Selama berabad-abad, bawang putih memang digunakan sebagai obat alami dari berbagai macam penyakit. Contoh kecilnya adalah flu dan pilek yang disebabkan oleh virus.

Bahkan, bawang putih dipercaya bisa mencegah datangnya berbagai macam penyakit agar tidak menyerang tubuh kita.

Dalam sebuah studi, sekitar 146 responden yang sehat, diberikan suplemen bawang putih dan plasebo (obat kosong). Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi bawang putih berhasil menurunkan risiko penyakit pilek hingga 63%.

Selain itu, beberapa studi terdahulu juga menunjukkan, bawang putih memang memiliki sifat antivirus yang bisa melawan datangnya influenza A dan B, HIV, pneumonia yang disebabkan virus, hingga rhinovirus (yang sebabkan pilek).

Walau demikian, masih dibutuhkan studi terbaru untuk bisa membuktikan kemampuan bawang putih sebagai antivirus.

Baca juga: Benarkah Penularan Virus Corona Bisa Dicegah dengan Alkohol dan Bawang Putih?

 

Bawang putih memang dikenal memiliki sifat antivirus. Namun, apakah benar air bawang putih bisa menyembuhkan virus corona?

 

Badan kesehatan dunia, World Health Organization (WHO), menyatakan bahwa informasi tentang bawang putih bisa menyembuhkan virus corona hanyalah mitos belaka.

WHO tidak menyangkal bahwa bawang putih adalah rempah-rempah yang menyehatkan tubuh. Namun WHO menegaskan, tidak ada bukti yang membenarkan bahwa bawang putih bisa menyembuhkan virus corona.

Bahkan, WHO juga mengatakan bahwa mengonsumsi bawang putih tidak bisa menjaga tubuh kita dari virus corona.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia juga mengatakan hal serupa. Melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Achmad Yurianto, Kemenkes menyatakan bahwa air rebusan bawang putih tidak bisa menyembuhkan virus corona.

Secara ilmiah, menurut Achmad, belum ada obat yang bisa menyembuhkan virus corona. Bahkan, ia juga menegaskan, meminum air rebusan bawang putih tidak akan membawa efek apa pun.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com