Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ayurveda, Pengobatan Tradisional Tertua dari India

Kompas.com - 23/03/2020, 13:31 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

ayur

KOMPAS.com - Ayurveda adalah pengobatan tradisional yang berasal dari India dan sudah digunakan sejak kurang lebih 3.000 tahun yang lalu.

Istilah ayurveda berasal dari bahasa sansekerta, yaitu ayur yang berarti hidup dan veda yang berarti ilmu pengetahuan.

Ayurveda mengedepankan konsep keseimbangan. Orang yang menjalaninya percaya, bahwa penyakit bisa muncul karena adanya ketidakseimbangan atau stres pada hidup penderitanya.

Pengobatan ini menawarkan rangkaian penyembuhan yang menggabungkan antara gaya hidup sehat dan pengobatan tradisional, untuk bisa mengembalikan keseimbangan antara tubuh, pikiran, hati, dan lingkungan.

Pengobatan ayurveda biasanya akan dimulai dengan langkah menyucikan diri. Setelah itu, akan diikuti dengan menjalani pola makan khusus ayurveda (ayurveda diet), mengonsumsi ramuan herbal, terapi pijat, yoga, dan meditasi.

Mendalami konsep ayurveda

Menurut teori ayurveda, setiap manusia merupakan kombinasi dari lima elemen: udara, air, api, bumi, dan langit. Elemen-elemen ini kemudian bersatu di tubuh dan membentuk tiga jenis energi yang dinamakan doshas.

Doshas terdiri dari vata, kapha, dan pitta. Meski di tubuh manusia ada gabungan ketiganya, tapi umumnya ada satu jenis energi yang paling dominan.

Pada konsep ayurveda, tingkat keseimbangan doshas seseorang dianggap bisa menggambarkan keunikan kepribadian masing-masing orang, serta risiko kecenderungan jenis penyakit yang diderita.

Saat doshas di tubuh tidak seimbang, para pegiat konsep ini percaya bahwa hal ini akan menyebabkan gangguan pada aliran energi vital di tubuh yang disebut prana.

Terganggunya aliran energi di tubuh ini dipercaya dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan membuat sisa kotoran di tubuh, yang disebut ama, menumpuk. Saat ama menumpuk, maka gangguan pencernaan dan gangguan aliran energi akan terus terjadi.

Lebih jauh tengang energi (doshas) dalam ayurveda

Doshas atau jenis energi yang ada dalam pengobatan ayurveda, merupakan bagian penting dalam konsep ayurveda. Berikut penjelasannya masing-masing.

1. Vata dosha

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com