Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Banyak Orang Enggan Diam di Rumah Selama Pandemi

Kompas.com - 25/03/2020, 15:12 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Hidup di tengah pandemi tentu terasa aneh dan tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Sebagian besar dari kita tidak pernah diminta untuk berkorban sebelumnya, seperti tinggal di rumah saja dan membatasi kontak dengan orang lain.

Gangguan mendadak dalam hidup kita itu bisa menimbulkan kecemasan. Dan bagi sebagian orang, mereka mengabaikan bahaya virus corona dan memilih melanjutkan aktivitas seperti biasa.

Kendati berulang kali pejabat kesehatan dan pejabat pemerintah meminta masyarakat tinggal di rumah untuk memperlambat penyebaran COVID-19, banyak orang tidak menaatinya. Mereka tetap keluar rumah, menghadiri acara, atau menghabiskan waktu di pusat berbelanjaan.

Pertanyaannya, mengapa orang-orang tidak menganggap serius ancaman virus corona? Psikolog mengatakan ada beberapa alasan --dan kebanyakan berasal dari sifat dasar manusia.

Orang-orang kurang menanggapi serius

Gordon Asmundson, profesor psikologi di University of Regina di Saskatchewan, sedang meneliti faktor-faktor psikologis yang terkait penyebaran dan tanggapan terhadap COVID-19.

Ia memecah masyarakat menjadi tiga kelompok berdasarkan tanggapan kita terhadap pandemi. Yaitu mereka yang menanggapi berlebihan, kurang menanggapi, dan mereka yang berada di antara keduanya.

Pengunjung melintas di dekat etalase tisu toilet yang kosong di sebuah supermarket di Pfastatt, Perancis, imbas panic buying yang disebabkan wabah virus corona, Senin (16/3/2020). Di tengah kepanikan wabah virus corona, selain kebutuhan pokok, tisu toilet menjadi salah satu barang yang paling diburu di banyak negara.AFP/SEBASTIEN BOZON Pengunjung melintas di dekat etalase tisu toilet yang kosong di sebuah supermarket di Pfastatt, Perancis, imbas panic buying yang disebabkan wabah virus corona, Senin (16/3/2020). Di tengah kepanikan wabah virus corona, selain kebutuhan pokok, tisu toilet menjadi salah satu barang yang paling diburu di banyak negara.

"Penanggap berlebihan" adalah pembeli panik yang telah menimbun persediaan makanan untuk berbulan-bulan.

Mereka takut, dan berharap dengan membeli tumpukan tisu toilet dapat mengurangi ketakutan itu.

Orang-orang yang berada di "tengah-tengah" melakukan apa yang diminta tanpa panik atau bertindak gegabah.

Kemudian, mereka yang kurang menanggapi serius tidak mematuhi pedoman kesehatan masyarakat dan menganggap diri kebal.

Mereka tidak menerapkan social distancing karena percaya mereka tidak akan sakit, meski anjuran itu bisa mencegah lebih banyak orang terinfeksi.

Orang-orang yang tidak menanggapi virus corona secara serius bisa jadi disalahkan apabila virus terus menyebar di suatu negara.

Baca juga: Rawat Pasien Covid-19, Tenaga Medis Diusir dari Kos hingga Harus Menginap

Mereka melihatnya sebagai cara mendapatkan kendali hidup

Orang yang anti pembatasan jarak sosial terus berkumpul dalam kelompok dan mengabaikan saran karena mereka merasa tidak berdaya.

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com