Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Diana, Taj Mahal dan Pernikahan yang Tak Bahagia

Kompas.com - 25/03/2020, 15:56 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber CheatSheet

KOMPAS.com - Semua orang yang bisa melihat pastinya menyadari bahwa pernikahan Pangeran Charles dan mendiang Putri Diana dulu bukanlah pernikahan yang bahagia sejak awal.

Hal ini bisa dilihat dari berbagai hal, terutama dari gerak-gerik mereka yang tampak canggung ketika bersama.

Namun, menemukan siapa yang bersalah atas kondisi ini adalah hal yang rumit. Apakah ini kesalahan Charles yang menikahi Diana ketika mencintai perempuan lain? Ataukah Diana yang harus disalahkan karena menikahi seseorang yang baru dikenalnya?

Atau, mungkin ini adalah salah Ratu Elizabeth yang memaksa putranya memilih perempuan perawan untuk dinikahi? Tidak ada jawaban sederhana untuk itu.

Sebagian publik merasa kasihan dengan Diana, namun siapa yang tahu bahwa mungkin ibu dua anak itu tak selalu benci dengan sorotan media.

Ia mungkin tak memiliki teman atau sekutu di lingkungan kerajaan, bahkan suaminya pun tidak. Namun, Diana adalah figur yang dicintai oleh media dan kerap memanfaatkan posisi tersebut sebisa mungkin.

Perjalanan ke Taj Mahal

Salah satu gestur yang mengherankan adalah ketika Diana pergi sendirian ke Taj Mahal di tengah tur kerajaan bersama Charles ke India pada awal 1992.

Saat itu Diana sudah tahu bahwa suaminya berselingkuh dengan mantan kekasihnya Camilla Parker Bowles. Mereka belum bercerai atau pun berpisah, meskipun saat itu publik sudah bisa melihat dengan jelas hal yang terjadi.

Seorang pakar kerajaan ingat betul saat Diana pergi sendirian ke Taj Mahal. Menurutnya, itu tampak seperti langkah yang diperhitungkan.

Diana berfoto sendirian di sebuah tempat yang identik dengan romantisme. Ini adalah cara yang pas untuk melukiskan Diana dengan cahaya simpati.

"Fotonya sebagai seorang gadis cantik yang kesepian, terbengkalai dan tidak memiliki siapapun yang mencintainya menghancurkan hati semua orang. Dia tahu apa yang dia lakukan. Dan itu membuat Charles benar-benar gila," kata sang pakar menjelaskan pada film dokumenter CNN, "The Windsors: Inside the Royal Dynasty".

Gambar tersebut lebih lanjut menggambarkan Charles sebagai penjahat dan Diana sebagai korban yang tidak bersalah. Charles kemudian disebut  membenci istrinya karena memanipulasi pers dengan sengaja berpose seperti itu untuk difoto.

Foto di depan Taj Mahal bukan satu-satunya masalah pasangan itu yang terjadi di India

Seorang fotografer saat itu bepergian bersama Charles dan Diana. Dia kemudian bertanya pada sekretaris media kerajaan Dickie Arbiter apakah ia bisa mengambil foto mereka berciuman. Namun, Arbiter justru menjawabnya dengan tawa.

Halaman:
Sumber CheatSheet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com