Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Belanja Aman ke Supermarket di Tengah Wabah Virus Corona

Kompas.com - 29/03/2020, 19:17 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Today

KOMPAS.com - Belanja kebutuhan sehari-hari adalah hal penting yang tak bisa dilewatkan. Kita harus melakukannya entah itu seminggu sekali atau sebulan sekali untuk memenuhi persediaan makanan, kebutuhan dapur, dan kebutuhan rumah tangga.

Apalagi, keharusan untuk #dirumahaja di tengah pandemi virus corona, membuat banyak orang memilih memasak sendiri makanannya ketimbang membeli makanan dari resto.

Selama kamu dalam kondisi sehat, bukan termasuk golongan lanjut usia atau seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu, belanja bahan makanan masih dapat dilakukan dengan aman.

Baca juga: Virus Corona Juga Mengubah Kebiasaan Orang Berbelanja...

Meski demikian ada beberapa panduan yang sebaiknya diikuti sebelum, selama, dan setelah perjalanan berbelanja ke supermarket.

Sebagai permulaan, makanan bukanlah musuh.

"Secara umum, tempat-tempat yang menjual makanan terprogram untuk sanitasi dan kebersihan," kata Celine Beitchman, direktur nutrisi di Institute of Culinary Education seperti yang dilansir dari TODAY Food.

Pejabat kesehatan belum menyebut makanan sebagai sumber penularan, tetapi karena virus menyebar melalui kontak manusia dan dapat hidup di permukaan tertentu selama berjam-jam, atau bahkan berhari-hari, penting untuk meminimalkan titik kontak sebanyak mungkin, terutama di sebagian besar tempat umum, seperti supermarket.

Kapan waktu terbaik untuk berbelanja?

Biasanya, orang akan berbelanja pada pagi hari atau malam hari. Namun, dalam situasi saat ini di mana banyak orang tinggal di rumah dan bekerja dari rumah, sepertinya berbelanja bisa dilakukan kapan saja.

Jika kamu pergi berbelanja di pagi hari, kamu kemungkinan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan apa yang kamu cari. Karena rak umumnya masih penuh saat pagi hari.

Namun, jika kamu memilih pergi berbelanja pada malam hari, kemungkinan lebih sedikit orang yang ada di supermarket, tapi rak-rak mungkin juga sudah lebih kosong.

Baca juga: Mungkinkah Tertular Virus Corona dari Pembungkus Paket Belanja Online?

Halaman:
Sumber Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com