Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2020, 11:41 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Demam adalah salah satu gejala umum dari virus corona (Covid-19) yang menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dialami 87,9 persen dari total 56.000 pasien di China yang dipelajari. Gejala umum lainnya adalah batuk kering dan kelelahan.

Demam terjadi ketika suhu tubuh meningkat hingga di atas 38 derajat Celcius, biasanya disebabkan oleh infeksi atau penyakit penyerta.

Termometer bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh seseorang, namun mengenali demam juga bisa dilakukan tanpa termometer. Sebab, ada beberapa gejala umum yang terkait dengan demam, seperti sakit badan, meriang, kulit memerah, dan berkeringat atau dehidrasi.

Adanya gejala-gejala tersebut yang diikuti dengan demam adalah salah satu cara untuk menentukan suhu tubuh meskipun kamu tidak memiliki temperatur. Contohnya, orang-orang yang demam seringkali mengalami:

Baca juga: Kenali Berbagai Gejala TBC, dari Batuk, Demam sampai Sesak Napas

1. Sakit badan dan lesu

Sakit badan, sakit kepala dan lesu sangat umum terjadi pada orang-orang yang demam. Sakit badan seringkali diikuti dengan virus, seperti flu atau batuk pilek sebagai bentuk peradangan dari respons daya tahan tubuh terhadap virus.

2. Menggigil

Banyak orang yang demam juga mengalami mengigil atau kedinginan, bahkan ketika suhu tubuh mereka tinggi. Hal ini terjadi karena tubuh sedang berusaha menaikkan suhu tubuh untuk mengatasi penyebab demam.

Orang yang kedinginan karena demam akan tetap terasa panas saat disentuh dan mereka tetap membutuhkan pakaian berlapis-lapis.

3. Wajah memerah

Banyak orang dengan demam mengalami wajah atau pipi kemerahan. Ini terjadi ketika proses vasodilatasi atau proses di mana tubuh membuka pembuluh darah yang meningkatkan aliran darah ke kulit dan menyebabkan kulit wajah memerah.

Baca juga: Mana yang Benar Saat Demam: Kompres Panas Atau Dingin?

PT KAI menerapkan pengecekan suhu tubuh terhadap calon penumpang kereta api di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah.KOMPAS.COM/DOK PT KAI DAOP 5 PURWOKERTO PT KAI menerapkan pengecekan suhu tubuh terhadap calon penumpang kereta api di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah.

4. Berkeringat dan dehidrasi

Banyak orang demam juga berkeringat. Ini adalah upaya tubuh untuk mengatur suhu tubuh dan melakukan pendinginan. Tetapi kondisi ini bisa berbahaya jika kamu tidak minum cukup air.

"Dengan demam tinggi, kamu bisa kehilangan banyak cairan karena berkeringat," kata dokter Jordana Haber.

Jika merasa demam

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com