Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bosan di Rumah Saja? Yuk Keliling Dunia dengan Tur Virtual

Kompas.com - 31/03/2020, 19:06 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Wabah Covid-19 memaksa rencana-rencana liburan kita terpaksa dibatalkan. Banyak bandara ditutup, tiket dan pemesanan hotel di batalkan, serta bepergian antar wilayah pun kini makin terbatas.

Walau kita harus diam di rumah saja karena aturan pembatasan jarak, bukan berarti kita tak bisa menjelajahi destinasi baru dan menarik di dunia.

Hotel, museum, teater, dan juga landmark populer menawarkan pengalaman virtual bagi pengunjung online. Kita tinggal pilih, mau menantang adrenalin dengan naik roller coaster, atau menikmati karya seni langka di museum.

Berikut adalah beberapa cara untuk traveling tanpa meninggalkan rumah:

Old San Juan, Puerto Rico.Shutterstock Old San Juan, Puerto Rico.

Menjelajah jalanan kota Puerto Rico
Jelajahi keindahan Puerto Rico lewat seri video bersama Lin-Manuel Miranda, seorang aktor. Ia akan membawa kita ke tempat-tempat ikonik di kota tua San Juan, belajar tarian salsa, dan mengunjungi kampung halamannya, Vega Alta.

Terkagum-kagum dengan keindahan Aurora
Aurora borealis atau cahaya utara yang indah dari Kanada bisa kita nikmati dari hangatnya rumah dengan menjelajahi Explore.org. Fenomena alam yang menghadirkan sinar berwarna hijau, merah, atau ungu, ini muncul ketika ada pertemuan medan magnet dengan partikel-partikel ionosfer yang menyimpan partikel dari matahari.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Ini Cara Ikut Tur Virtual di 12 Museum Terkenal

Rasakan lembutnya pasir pantai di Phuket, Thailand
Sebuah resor mewah Amari Phuket di Thailand, menawarkan tur virtual dengan pemandangan pantai yang mempesona. Tanpa beranjak dari sofa, Anda bisa menikmati indahnya sunset di pinggir pantai yang berpasir lembut.

Jerapah berwarna gelap lebih dominan dibanding yang terang. Jerapah berwarna gelap lebih dominan dibanding yang terang.

Tahan napas saat naik roller coaster di Disneyland
Hampir semua cabang Disneyland tutup sementara selama wabah Covid-19. Namun, kita tetap bisa bersenang-senang sambil menaiki aneka wahana di sini.

Beberapa chanel Youtube, seperti CoasterFoster atau iThemPark, secara khusus menghadirkan keseruan bermain di Disneyland tanpa perlu antre beli tiket.

Melihat aneka satwa di Kebun Binatang San Diego
Beberapa kebun binatang besar di dunia telah meluncurkan livestream untuk kita bisa melihat aneka satwa di sana. Di Kebun Binatang San Diego, kita bisa melihat polah tingkah jerapah, gajah, atau penguin.

Sungai Manu di hutan Amazon, Peru Sungai Manu di hutan Amazon, Peru

Masuk ke belantara Amazon
Conservation International menawarkan pemandangan 360 derajat ke hutan torpis paling besar di dunia, Amazon. Secara virtual kita dapat berjalan melalui pepohonan, air, dan juga melihat kelebatan hutan dari udara.

Baca juga: Liburan di Rumah Aja, Virtual Traveling Panorama Aurora Borealis

Menjelajah Grand Canyon
Salah satu taman nasional paling populer di dunia, Grand Canyon, memang menawarkan kemegahan alam yang membuat banyak orang kagum. Berkat Google Earth, kita bisa mengunjungi lembah raksasa yang terletak di wilayah Arizona yang berbatasan dengan negara bagian Nevada, AS, ini.

Penampakan Le Louvre Museum pada siang hari, (9/2016).SHUTTERSTOCK/MANJIK Penampakan Le Louvre Museum pada siang hari, (9/2016).

Mengunjungi museum terbesar di dunia, Louvre di Paris, Perancis
Anda mungkin sudah sering mendengar tentang kemegahan museum-museum di Perancis dan lengkapnya koleksi seni yang mereka miliki.

Kini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjelajah ke dalamnya secara online. Kurator seni akan “berjalan” menemani Anda untuk menjelaskan harta karun seni di dalam museum.

Baca juga: Pilih di Rumah Aja? Coba Virtual Traveling di 3 Museum Dunia Ini

Mengagumi keindahan bangunan paling terkenal di India, Taj Mahal
Taj Mahal, sebuah kompleks bangunan yang dilengkapi taman luas dan kolam yang cantik, merupakan destinasi wisata terpopuler di India.

Berkat Google Earth, kita bisa menjelajah secara leluasa ke dalam kompleks yang sebenarnya merupakan makam Mumtaz Mahal ini. Setiap tahun, jutaan wisatawan mengunjungi tempat ini.

Pemandangan Benua Antartika 360 derajat
Hanya sejumlah kecil saja orang yang boleh mengunjungi benua Antartika, yakni para ilmuwan dan peneliti. Tetapi kita bisa menjelajahi benua ini secara virtual di situs AirPano.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com