Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cotton Ink Bikin Masker Kain Cantik untuk Bantu Cegah Virus Corona

Kompas.com - 01/04/2020, 12:52 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah label dan desainer lokal ikut berkontribusi membuat alat pelindung diri (APD) untuk membantu tenaga medis yang kekurangan, hingga membantu membuat masker dari kain-kain sisa produksi.

Masker kain memang tidak seefektif masker N95 atau masker bedah, namun di tengah kelangkaan masker di pasaran masker kain bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk melindungi diri dari penularan virus.

Salah satu label lokal yang ikut membuat masker adalah Cotton Ink. Label yang didirikan oleh Carline Darjanto dan Ria Sarwono itu membuat masker berbahan katun yang dibuat berlapis, sehingga bisa diisi dengan masker bedah atau tisu untuk perlindungan ekstra.

Baca juga: Pakai Masker Kain Bisa Bantu Cegah Virus Corona

"Masker kain menjadi alternatif yang baik untuk digunakan saat ini, karena selain dapat melindungi dari polusi dan bakteri, kita juga melindungi bumi dari sampah," kata Ria Sarwono ketika dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (1/4/2020).

Disarankan untuk mencuci masker dengan air panas dan deterjen setiap setelah dan sebelum pemakaian.

Karena menggunakan sisa kain produksi, masker buatan Cotton Ink memiliki berbagai motif yang cantik dan menarik. Satu paket atau empat lembar masker kain Cotton Ink dibanderol dengan harga Rp 50 ribu.

Penggunaan masker kain sebagai alternatif juga pernah disampaikan oleh Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto. Bagi orang sehat, masker kain bisa menjadi pilihan daripada tidak menggunakan masker sama sekali.

Baca juga: Cerita Inem, Berbagi Masker dan Sembako untuk Pekerja Jalanan Jogja

Masker kain dapat berfungsi sebagai penahan droplet yang menjadi sumber penularan virus dari orang sakit ke orang sehat.

"(Penggunaan masker berbahan dasar kain) ini lebih baik dibanding tanpa pakai masker," kata Yuri kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Adapun selain membuat masker kain, Cotton Ink juga berencana membuat 10.000 APD untuk disalurkan ke rumah sakit yang membutuhkan melalui Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Masyarakat bisa ikut membantu dengan memberikan donasi melakui laman kitabisa.com pada tautan berikut (https://kitabisa.com/campaign/sepuluhribuapd).

Baca juga: Lawan Virus Corona, Brand Fashion Kini Buat APD

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com