Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2020, 16:58 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Meski sudah ada imbauan resmi dari Kementerian Kesehatan RI tentang cara pencegahan infeksi virus corona, nyatanya masyarakat masih saja mencari alternatif lain sebagai perlindungan tambahan. Melalui obat herbal salah satunya. 

Sejauh ini sudah ada beberapa tanaman yang dianggap atau dipercaya bisa mencegah infeksi virus corona. Namun, belum semuanya diteliti kebenarannya secara ilmiah.

Hal ini tidak mengherankan mengingat Covid-19 adalah penyakit baru, sehingga belum banyak penelitian yang bisa dilakukan terhadap penyakit ini.

Baik di berita nasional maupun melalui pesan berantai aplikasi chat, kabar soal tanaman herbal yang bisa mencegah corona, selalu mencuri perhatian.

Sejauh ini, ini berikut tanaman maupun ramuan herbal yang diklaim bisa bantu mencegah infeksi Covid-19.

1. Jamu empon-empon

Ilustrasi empon-empon: jahe, kunyit, dan kencur.SHUTTERSTOCK/MASTON ART Ilustrasi empon-empon: jahe, kunyit, dan kencur.
Nama empon-empon tengah naik daun semenjak corona mulai merebak di Indonesia. Jamu tradisional asal Indonesia ini memang sebenarnya sudah sejak lama dipercaya bisa menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit.

Empon-empon sendiri sebenarnya merupakan kumpulan rempah yang terdiri dari jahe merah, temulawak, biang kunyit, kayu manis, dan sereh.

Campuran rempah tersebut dinilai bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak sedikit orang yang mengonsumsinya untuk mencegah tertular Covid-19.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang bisa memastikan manfaat empon-empon untuk mencegah infeksi virus corona. Sehingga informasi mengenai kebenaran khasiatnya sebaiknya disikapi secara bijak.

Baca juga: Jaga Daya Tahan Tubuh, Empon-empon Dipercaya Cegah Virus Corona

2. Jeruk dan kulitnya

-live science -
Peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI) belum lama ini melakukan penelitian gabungan untuk mengetahui komponen dari bahan herbal atau alami yang bisa melawan infeksi virus corona.

Hasilnya, jeruk beserta kulitnya dianggap berpotensi untuk mengemban tugas tersebut.

Kemampuan jeruk untuk melawan corona dikatakan didapat dari kandungan flavonoid berjenis hesperidin di dalamnya. Hesperidin dianggap mampu memberikan perlindungan untuk tubuh dari serangan bakteri dan virus.

Hesperidin sendiri terkandung di dalam kulit jeruk. Sehingga, untuk mencobanya, Anda bisa memarut sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih ke dalam jus jeruk yang akan diminum.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com