Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurus Anti-Ribut dengan Pasangan Selama Karantina di Rumah

Kompas.com - 05/04/2020, 14:58 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Motherly

KOMPAS.com— Pandemi corona yang tak jelas kapan akan berakhir ini adalah saat yang sulit untuk sebuah pernikahan maupun sebuah hubungan.

Kekhawatiran tentang keuangan, menghadapi anak-anak 24 jam, atau berusaha keras supaya tidak terpengaruh oleh kecemasan terkait virus corona, bisa mengganggumu.

Dalam masa penuh kitidakpastian seperti sekarang, yang terbaik saat ini adalah menjaga kesehatan lahir dan batin. Termasuk juga menjaga kestabilan hubungan dengan pasangan.

Kamu dan pasangan mungkin sebelumnya belum pernah terus menerus bersama di satu tempat selama berminggu-minggu seperti saat ada kebijakan social distancingTak sedikit yang akhirnya justru sering ribut dengan pasangannya karena sebenarnya keduanya sedang sama-sama stres.

Seharusnya kamu dan pasangan sama-sama memahami yang dibutuhkan saat ini adalah ruang untuk merasa aman dan tetap terhubung. Yang artinya, saat ini bukanlah saat yang tepat untuk menyelesaikan masalah besar dalam rumah tangga.

Kesampingkan dulu masalah dengan mertua atau perselisihan besar lainnya yang mungkin belum sempat dibicarakan. Sekaranglah saatnya kamu untuk selalu hadir bagi pasanganmu.

Baca juga: Hindari Konflik dalam Pembagian Peran Pengasuhan Anak

Dr. Sue Johnson, dalam bukunya Hold Me Tight: Seven Conversations for a Lifetime of Love, menggambarkan pasangan membutuhkan tiga hal untuk menciptakan keamanan dan koneksi dalam suatu hubungan:

* Aksesibilitas: Apakah kamu ada untukku?

* Daya Tanggap: Apakah kamu akan merespons saya?

* Keterlibatan: Apakah kamu akan melibatkan diriku dalam setiap perkara?

Berikut adalah beberapa frasa yang bisa membantu kamu dan pasangan untuk membangun rasa aman dan koneksi yang dibutuhkan lebih dari sebelumnya.

1. "Kamu melakukan yang terbaik yang kamu bisa. Aku mengerti itu."

Biarkan pasangan tahu bahwa kamu melihat semua yang telah ia lakukan, bahkan jika kadang-kadang kamu melihat hal-hal yang tidak mereka lakukan. Akan lebih baik jika kamu memberikan pujian yang spesifik seperti: "Saya sangat menghargai ketika kamu sedang, ..."

Baca juga: Agar Hubungan Suami-Istri Tak Tegang Selama Karantina di Rumah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Motherly
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com