Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Diare Bisa Jadi Gejala Awal Infeksi Corona

Kompas.com - 09/04/2020, 09:48 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber

KOMPAS.com – Virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 memiliki tiga gejala utama: demam, batuk kering, dan sesak napas. Namun, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), banyak orang yang terinfeksi corona memiliki gejala ringan, salah satunya diare.

Dalam situs resmi WHO disebutkan, sebagian pasien yang terinfeksi Covid-19 mengalami rasa nyeri di seluruh tubuh, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, atau pun diare.

“Banyak pasien Covid-19 yang mengalami diare sebagai gejala awalnya dan tidak menunjukkan gejala gangguan pernapasan,” kata dokter spesialis penyakit menular Rajeev Fernando.

Penelitian yang dimuat dalam American Journal of Gastroenterology juga menyebutkan pasien Covid-19 bisa mengalami gangguan pencernaan, seperti diare, muntah, dan mual-mual.

Gejala diare dialami sekitar 20 persen dari pasien positif Covid-19 yang diteliti. Sisanya mengalami diare sekitar 10 hari setelah mereka mengalami gangguan pernapasan.

“Pada sebagian kasus, gangguan pencernaan, terutama diare, bisa jadi gejala awal Covid-19 dan juga pada di akhir, atau bahkan tidak muncul bersama dengan demam dan gangguan pernapasan,” katanya.

Baca juga: Mengapa Kita Merasa Sakit Setelah Membaca Informasi Gejala Corona?

Menurut Fernando, virus memang bisa memperbanyak diri dan berkembang di saluran cerna, seperti halnya saluran napas, serta menyebabkan diare.

Para ilmuwan meyakini virus bisa masuk ke sistem tubuh melalui reseptor, baik di saluran pencernaan atas dan bawah. Di saluran cerna bawah ditemukan 100 kali lipat dibanding di organ pernapasan.

Profesor dan pakar penyakit infeksi William Schaffner mengatakan, jenis diare yang diderita bisa diare saja atau pun diare disertai demam dan sakit perut.

“Jika diare itu muncul di awal, biasanya gangguan pernapasan baru akan dirasakan dalam beberapa hari kemudian,” katanya.

Bila Anda mendadak mengalami diare yang berlangsung lebih dari dua hari, namun tidak yakin hal itu berasal dari makanan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter secara online, tidak perlu langsung ke rumah sakit.

Baca juga: Diare pada Anak, Bagaimana Mengatasinya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com