Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Perbedaan Es Krim dan Gelato, Mana yang Lebih Sehat?

Kompas.com - 13/04/2020, 13:49 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Gerai gelato instagrammable saat ini bertebaran di mana-mana. Tak heran, gelato saat ini menjadi jenis dessert favorit banyak orang.

Namun, banyak penggemar gelato yang masih menyebut kudapan yang satu ini sebagai es krim gelato. Padahal keduanya berbeda.

Memang, kalau dilihat dari segi rasa dan tekstur keduanya hampir sama. Namun dalam hal bahan, cara pembuatan, dan kandungannya, es krim dan gelato sebenarnya berbeda.

Apa saja perbedaan gelato dan es krim?

1. Es krim dari Tiongkok, sedangkan gelato dari Italia

Asal muasal es krim sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun, menurut catatan paling tua yang bisa ditemukan, es krim sudah mulai dibuat di Tiongkok pada zaman kerajaan kuno dari bahan susu kerbau, tepung, dan es.

Sementara itu, gelato berasal dari Italia. Ada versi yang menyebutkan bahwa gelato pertama kali dibuat di kota Sisilia. Namun versi lain menyebutkan kudapan ini pertama kali dibuat di kota Florence.

2. Gelato pakai lebih banyak susu dibanding es krim

Bahan dasar es krim dan gelato sebenarnya sama, yaitu susu atau krim, gula, dan udara. Perbedaanya ada pada kadar yang digunakan.

Untuk membuat es krim maupun gelato, tahap pertama yang akan dilakukan adalah mencampur susu ataupun krim dengan gula. Pada es krim, terkadang kuning telur juga digunakan untuk membuat tekstur lebih lembut.

Selanjutnya, berbagai rasa baru akan ditambahkan. Setelah rasa ditambahkan, maka komponen berikutnya yang akan dimasukkan ke adonan tersebut adalah udara.

Udara akan dimasukkan melalui pengadukan. Di sinilah perbedaan yang mendasar antara gelato dan es krim.

Es krim diaduk menggunakan kecepatan tinggi, sehingga udara lebih banyak masuk dan adonan lebih mengembang. Sementara itu, gelato diaduk dengan kecepatan rendah. Oleh karena itu, kandungan udaranya lebih sedikit.

Sehingga, es krim mengandung lebih banyak udara dan lemak, sedangkan gelato memiliki lebih sedikit udara namun lebih banyak susu.

Baca juga: Terlihat Sama, Apa Bedanya Es Krim dan Gelato?

3. Es krim lebih berlemak dari gelato

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com