Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memasak Tanpa Limbah di Masa Pandemi Virus Corona

Kompas.com - 16/04/2020, 23:56 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Selama masa karantina karena pandemi virus corona, banyak orang memanfaatkan waktu selama tinggal di rumah untuk memasak.

Selain lebih sehat, orang-orang melakukannya juga demi berhemat di tengah pandemi yang belum dapat diprediksi kapan akan berakhir.

Tetapi sudahkah kamu benar-benar memaksimalkan persediaan bahan makanan yang ada? Apakah memasak tanpa limbah atau zero-waste cooking bisa dilakukan dalam situasi seperti ini?

Jawabannya, bisa.

Memasak Tanpa Limbah

Karena pandemi virus corona, banyak restoran dan sebagian besar rantai makanan cepat saji terpaksa ditutup sementara, membuat orang-orang harus berjuang sendiri dan menyiapkan hingga untuk tiga kali makan setiap hari, yang mana sebelumnya hal ini sangat jarang terjadi sebelumnya, kecuali mungkin di akhir pekan.

Baca juga: Kiat Anti-Boros Jajan Makanan di Masa Pandemi Covid-19

Namun, tantangannya di tengah pandemi virus corona ini adalah kita tidak disarankan untuk menumpuk bahan makanan di rumah.

Ini berarti, setiap rumah tangga harus memaksimalkan segala hal yang mereka miliki di dapur dan lemari es, serta mencari cara untuk memasak tanpa limbah demi untuk mengurangi limbah makanan.

Kabar baiknya, zero-waste cooking berjalan dua arah karena membantu kita menggunakan kembali sisa-sisa makanan dan membuat makanan enak dari sisa-sisa itu, sekaligus juga membantu lingkungan dengan meminimalkan limbah makanan.

“Daripada membiarkan keinginan kita untuk memilih apa yang akan dimakan untuk makan malam, biarkan dapur kita melakukannya,” tulis food blogger San Francisco Anne Marie Bonneau dari zerowastechef.com

“Alih-alih memilih resep baru untuk memasak dari awal untuk makan malam - cobalah lihat apa yang kamu miliki dan biarkan itu menentukan apa yang akan kamu masak, ” lanjutnya dalam sebuah unggahan di blognya.

Baca juga: Mengapa Orang Panik dan Borong Makanan Saat Wabah Covid-19

Berikut adalah tujuh tips yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi sisa makanan:

1. Cuci buah-buahan sesaat sebelum memakannya, agar buah tidak lembap dan mudah berjamur.

2. Bekukan sisa buah dan sayuran untuk mencegahnya membusuk.

3. Menahan diri dari pembelian berlebihan dan tetap berpegang pada daftar belanja saat berada di toko grosir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com