Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2020, 12:45 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyarankan orang agar mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau sanitiser berbasis alkohol demi mencegah penyebaran Covid-19.

Menjaga kebersihan tangan adalah kebutuhan penting untuk membatasi penyebaran virus. Namun, tahukah bahwa mengeringkan tangan sama pentingnya dalam mencegah infeksi?

Menurut laporan World Economic Forum (WEF), mengeringkan tangan dengan tisu toilet sekali pakai sangat penting sehabis mencuci tangan, karena ada kemungkinan penyebaran virus dari tangan yang basah.

Tindakan ini disarankan, khususnya untuk petugas kesehatan yang menangani pasien Covid-19 secara teratur.

Baca juga: 7 Cara Cuci Tangan untuk Antisipasi Virus Corona

Tangan dalam kondisi basah meningkatkan risiko Covid-19

Tangan harus dibersihkan dengan sabun selama 20 detik di kedua sisi, seperti disarankan oleh WHO.

Namun orang-orang cenderung tidak mencuci tangan secara tuntas dan benar, kata ahli mikrobiologi di University of Leeds. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah lupa mengeringkan tangan atau keliru caranya.

Kebanyakan orang menggunakan pengering tangan elektrik atau hand dryer usai mencuci tangan di toilet mal atau tempat lain. Padahal pengering model ini membuat kuman menyebar karena hembusan udaranya.

Hal ini meningkatkan kemungkinan kontaminasi lingkungan dan permukaan hingga sepuluh kali lipat serta kontaminasi pakaian hingga lima kali.

Baca juga: Mengeringkan Tangan dengan Tisu atau Hand Dryer, Mana Lebih Baik?

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal Of Hospital Infection, pengering tangan hand dryer cenderung menyebarkan lebih banyak infeksi daripada tisu toilet.

Penelitian ini dilakukan di kamar mandi umum rumah sakit, di mana orang-orang hanya diperbolehkan mengeringkan tangan dengan satu cara, entah pengering udara atau tisu toilet.

Setiap periode empat minggu, para peneliti mengevaluasi perbedaannya dan menemukan bahwa kamar mandi dengan pengering udara menciptakan percikan yang tersebar di seluruh bagian toilet.

Bagian tersebut termasuk lantai, wastafel, gagang pintu, dan pengering tangan. Sementara, tisu toilet membatasi virus agar tidak menyebar ke tempat lain.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Tangan

Tisu toilet adalah pilihan terbaik untuk mengeringkan tangan

Mengeringkan tangan sangat penting, terlebih di departemen kesehatan karena kemungkinan infeksi silang virus lebih tinggi di tempat-tempat tersebut.

Halaman:
Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com