Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Jadi Sulit Bangun Pagi dan Terasa Lesu Selama Masa Karantina?

Kompas.com - 20/04/2020, 13:48 WIB
Gading Perkasa,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Mirror

KOMPAS.com - Dengan bekerja dari rumah selama pandemi Covid-19, kita merasa akhirnya bisa mendapatkan waktu tidur delapan jam penuh, atau bahkan tidur lebih lama.

Namun, di saat kita menikmati waktu tidur tambahan dan merasa memperoleh istirahat yang baik, sebagian orang justru agak sulit untuk bangun pagi dan beraktivitas.

Ada penjelasan mengapa sebagian dari kita merasa sangat lesu sepanjang hari, menurut pakar tidur James Wilson.

Baca juga: Mengapa Jadi Susah Tidur Selama Karantina di Rumah?

James bekerja sebagai ahli perilaku dan lingkungan tidur, membantu orang untuk tidur lebih baik dan mengembangkan produk, layanan, serta lingkungan yang membantu orang mendapatkan tidur layak.

"Beberapa orang melaporkan mereka berjuang untuk bangun di pagi hari dan mereka merasa lebih lesu di siang hari," kata James kepada Mirror.

"Ada beberapa alasan untuk ini. Stres dan kecemasan yang diciptakan oleh krisis virus corona masuk ke dalam tidur kita, dan berdampak pada kualitas yang bisa dilihat pada banyak orang yang melaporkan mereka memiliki mimpi nyata."

"Kami juga melihat orang-orang mengonsumsi alkohol lebih banyak dari biasanya."

"Perlu diingat, alkohol bukan penginduksi tidur. Itu obat penenang, membuat kita tenang, tetapi tidak memberi kualitas kita tidur yang baik. Justru memberi kita kualitas tidur yang sangat buruk."

Baca juga: Tidur Lebih Nyenyak dan Bebas Mimpi Buruk di Tengah Pandemi Covid-19

Ia menambahkan, "tidak ada larangan meminum minuman beralkohol, tapi ketahuilah dampak alkohol pada kualitas tidur kita."

"Faktor lain yang membuat kita lesu adalah kita tidak bisa berolahraga seperti biasa."

Selain itu, menurut James, memperoleh paparan cahaya alami di pagi hari membantu tubuh kita agar lebih siap beraktivitas. Namun, hal itu tampaknya lebih sulit dilakukan di masa pandemi seperti ini.

"Jadi, jika kita keluar untuk berjalan-jalan, berlari, dan bersepeda di pagi hari ini tentu bisa memberikan lebih banyak manfaat."

Baca juga: Kerja Lebih Sedikit Saat WFH, tapi Kenapa Tidur Lebih Banyak?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com