Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Pakai, Ini Perbedaan Humidifier, Diffuser, dan Purifier

Kompas.com - Diperbarui 17/03/2022, 12:08 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Polusi udara dalam ruangan bisa sama berbahayanya dengan polusi udara dari luar. Salah satu cara menciptakan kualitas udara yang baik dalam ruangan adalah dengan memasang perangkat elektronik. Humidifier, diffuser, dan purifier merupakan beberapa contohnya.

Ketiga alat tersebut sama-sama dapat membuat kualitas udara yang lebih baik dalam rumah. Namun ada perbedaan signifikan di antara ketiganya. Mulai dari fungsi hingga cara kerjanya.

Jadi sebelum memutuskan untuk membeli alat yang mana, perhatikan dan ketahui dulu kebutuhan agar tidak salah pilih.

Apa saja perbedaan air humidifier, air diffuser, dan air purifier?

Alat-alat ini memiliki perbedaan dalam berbagai segi, dari fungsi hingga kebutuhan air yang digunakan. Mari simak penjelasan di bawah ini:

Fungsi

Humidifier

Humidifier berfungsi melembapkan udara dan cocok untuk mereka yang tinggal di daerah yang kering atau panas. Alat ini juga dapat digunakan bagi yang sering mengalami flu, batuk-pilek, serta kulit dan tenggorokan yang kering.

Diffuser

Sementara diffuser dikenal sebagai alat untuk menyegarkan aroma ruangan, dengan menyemprotkan minyak esensial dari aromaterapi.

Purifier

Air purifier sendiri berfungsi untuk untuk membersihkan udara dari debu dan partikel-partikel lainnya. Misalnya, serbuk sari, jamur, bakteri, dan bulu hewan peliharaan.

Alat ini cocok digunakan bagi orang-orang yang memiliki alergi atau asma. Dengan begitu, frekuensi gejala dan serangan bisa dicegah.

Cara kerja

Ketiganya juga memiliki cara kerja berbeda yang sesuai dengan fungsinya. Apa sajakah itu?

Humidifier

Humidifier bekerja dengan mengeluarkan uap air untuk meningkatkan kadar kelembapan di udara. Alat ini memiliki banyak tipe, dan tidak semuanya melepaskan uap dengan cara yang sama.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com