Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Akses Kontrasepsi di Masa Pandemi, Ini Solusi Mencegah Kehamilan

Kompas.com - 22/04/2020, 16:34 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama beberapa bulan terakhir memberikan dampak bagi banyak sektor, termasuk sektor kesehatan seksual dan reproduksi.

Dengan semakin banyak daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), aktivitas di luar rumah pun akan semakin terbatas. Akses ketersediaan alat kontrasepsi dan layanan Keluarga Berencana pun ikut terdampak.

Padahal, di saat-saat seperti ini kontrasepsi sangat dibutuhkan seiring dengan meningkatnya kebutuhan kedekatan pasangan suami-istri selama masa isolasi mandiri.

Ade Maharani, Head of Marketing DKT Indonesia, penyedia brand kontrasepsi kondom Sutra, Kontrasepsi Andalan, Fiesta, dan Supreme Premium Condoms menambahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga sudah mengeluarkan imbauan agar pasangan menggunakan metode kontrasepsi modern untuk mencegah kehamilan di masa pandemi Covid-19.

"Karena perempuan hamil akan mengalami sistem imun yang rentan, sehingga bisa menambah potensi penularan Corona bagi diri sendiri dan orang lain, serta untuk mengatasi ketidakpastian ekonomi yang berpengaruh terhadap perencanaan keluarga," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas Lifestyle, Rabu (22/04/2020).

Namun, pemeriksaan rutin terkait kesehatan reproduksi dan KB lebih sulit dilakukan pada masa PSBB seperti saat ini. Lalu, apa saja solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah kehamilan di masa pandemi?

1. Membeli kondom

Jika Anda tidak bisa berkunjung ke bidan atau rumah sakit untuk meminta resep pil KB, mengikuti jadwal suntik, pemasangan implan, ataupun pengecekan IUD, Anda masih bisa membeli kondom di apotek atau minimarket yang masih beroperasi.

Namun, jangan lupa untuk melakukan sejumlah prosedur keamanan dan kebersihan seperti mengganti baju, mencuci tangan dan mandi segera setelah tiba di rumah.

Baca juga: 4 Kesalahan Sederhana yang Berisiko Saat Pakai Kondom

2. Membeli kontrasepsi secara online

Berbagai toko online masih menjual kondom serta pil KB sehingga Anda bisa membelinya tanpa perlu keluar rumah.

Beberapa gerai terpercaya yang menjual produk kontrasepsi secara online di Indonesia misalnya Asmaraku, Klik-K24, Kimia Farma Online, Halodoc, Grab Health, Shopee, Tokopedia, Jd.id, serta Lazada.

Jangan lupa untuk menanyakan ketersediaan stok terlebih dahulu serta memastikan tanggal kadaluwarsa sebelum membeli. Selain itu, usahakan hanya bertransaksi melalui gerai-gerai resmi.

Jika terpaksa membeli produk melalui merchant yang bukan gerai resmi karena keterbatasan stok, pastikan toko yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik. Salah satu caranya adalah membaca kolom ulasan terlebih dahulu.

 3. Berkonsultasi online

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com