Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hannah Al Rashid Anggap Nyai Ontosoroh Sosok Perempuan Ideal

Kompas.com - 23/04/2020, 08:05 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Hannah Al Rashid dikenal cukup lantang menyuarakan isu-isu kesetaraan gender.

Di balik perjuangannya itu, Hannah rupanya juga memiliki sosok perempuan panutan yang dianggap mampu melawan ketidakadilan dan stigma gender.

Sosok tersebut adalah tokoh Nyai Ontosoroh dari buku Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer.

Baca juga: Hari Kartini, 10 Perempuan Terpegah dan Tervokal di Tengah Pandemi

"Waktu baca buku itu saya merasa Nyai Ontosoroh itu karakter perempuan Indonesia yang paling ideal," ungkapnya dalam live streaming Tokopedia SHE 2020, Rabu (22/04/2020).

Aktris yang berperan dalam film Aruna dan Lidahnya itu memandang Nyai Ontosoroh sebagai sosok perempuan yang berpendidikan, mandiri, mampu membela keluarga, serta melawan ketidakadilan. Membuatnya menjadi sosok yang begitu inspiratif bagi Hannah.

Di samping itu, ia juga mengagumi empat perempuan anggota Kongres Amerika Serikat yang dikenal publik sebagai the Squad. Empat perempuan tersebut adalah Alexandria Ocasio-Cortez, Ilhan Omar, Ayanna Pressley, dan Rashida Tlaib.

Bagi Hannah, keempat perempuan tersebut memiliki latar belakang berbeda yang mampu mewakili perempuan modern dalam politik.

Perempuan kelahiran London, Inggris itu menyayangkan saat ini Indonesia masih kekurangan sosok perempuan yang menjadi role model atau panutan bagi perempuan lainnya.

"Atau mungkin sebenarnya banyak tapi mereka tidak dikasih platform," kata Hannah.

"Aku yakin ada sangat banyak (perempuan role model) dan kita harus membicarakan lebih banyak tentang perempuan-perempuan hebat yang melakukan hal-hal hebat dalam sektornya masing-masing."

Baca juga: Kartinian ala Yuni Shara, Ajak Perempuan Indonesia Saling Menolong

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com