Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanye West Resmi Masuk Daftar Miliarder Dunia Versi Forbes

Kompas.com - 27/04/2020, 16:27 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Rapper dan pengusaha Kanye West resmi masuk ke daftar miliarder dunia versi Forbes.

November lalu, West muncul di atas panggung bersama desainer YEEZY Steven Smith selama Fast Company Innovation Festival.

Di sana ia mengkritik publikasi bisnis tersebut, karena tidak memasukannya ke dalam daftar miliarder meskipun dirinya menunjukkan penerimaan sebesar 890 juta Dollar AS (sekitar Rp 14 triliun).

"Jika orang-orang menilai bahwa menyebut diri seorang miliarder adalah hal yang kasar, saya katakan saya mungkin akan secara legal mengubah nama saya menjadi "Christian Genius Billionaire Kanye West" selama setahun sampai Anda semua tahu persis apa itu," ungkapnya selama wawancara.

Baca juga: Rahasia Awetnya Hubungan Pernikahan Kanye West dan Kim Kardashian

Pada akhir 2019, Kanye menempati peringkat Nomor dua sebagai musisi berpenghasilan tertinggi di dunia versi Forbes, dengan penghasilan 150 juta Dollar AS per tahun (sekitar Rp 2,33 triliun) berkat penjualan YEEZY.

West sempat naik pitam ketika dirinya keluar dari daftar tahunan miliarder dunia Forbes bulan lalu.

Suami dari Kim Kardashian itu kemudian mengirimkan sebuah teks yang menuduh Forbes sengaja menghapus namanya, karena latar belakang ras.

Namun setelah melakukan penghitungan kembali catatan keuangan West, Forbes kini memasukannya ke dalam daftar.

YEEZY memang sukses dengan penilaian 1,5 miliar Dollar AS (sekitar Rp 23 triliun), namun struktur pembayarannya sebetulnya sedikit lebih kompleks.

Baca juga: Kanye West Beli Peternakan di Wyoming Seharga Rp 196 Miliar

West memiliki 100 persen aset YEEZY, tetapi terikat dengan adidas selama lima tahun lebih, di mana ia akan menerima royalti sekitar 11-15 persen.

Dengan demikian, pernyataan aset tim internal West yang menjelaskan lebih lanjut tentang keuangannya mengungkapkan bahwa ayah empat anak itu memiliki 17 juta Dollar AS (sekitar Rp 264 miliar) dalam bentuk tunai dan 35 juta Dollar AS (sekitar Rp 544 miliar) dalam bentuk saham.

Selain itu, hak musik dan penerbitannya bernilai sekitar 90 juta Dollar AS (sekitar Rp 1.3 miliar) serta real estate, yang mencakup 81 juta Dollar AS di gedung-gedung dan 21 juta Dollar AS di tanah. Sehingga Forbes memperkirakan kekayaan bersih bersih West menjadi 1,3 miliar Dollar AS.

West baru-baru ini juga bekerja sama dengan Chick-Fil-A dan Dream Center untuk menyediakan 300.000 makanan untuk warga Los Angeles yang membutuhkan.

Baca juga: Kanye West Bangun YEEZY Sample Lab di Cody

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com