Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2020, 19:06 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Puasa mengharuskan kita menahan rasa lapar dan haus, mulai dari imsak hingga maghrib.

Jika kamu sering merasa kelaparan selama jam-jam puasa, kiat-kiat dari Devinder Bains, pelatih pribadi dan pelatih nutrisi di Fit Squad DXB, mungkin bisa membantumu untuk mengendalikan rasa lapar selama puasa.

Berikut lima tips sahur unruk kendalikan rasa lapar selama puasa:

1. Mengandung protein

Protein adalah pilihan sehat yang sempurna untuk membuat kamu kenyang lebih lama.

Protein lebih rendah kalori daripada lemak dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat. Jadi itu adalah pilihan sehat yang sempurna untuk membuatmu lebih kenyang lebih lama.

Protein bisa didapatkan dari telur, ikan, ayam, kalkun, yoghurt Yunani, bubur tahu atau bubur quinoa untuk penambah protein, atau tambahkan protein shake jika kamu tidak bisa makan terlalu banyak makanan padat di pagi hari.

Baca juga: Tips Makan Sahur Sehat Selama Bulan Puasa

2. Siapkan makanan

Jika kamu ingin menghindari bangun lebih awal untuk memasak, kamu bisa menyiapkannya fi malam hari.

Rebus telur pada malam sebelumnya lalu tambahkan saja roti gandum untuk sahur atau bisajuga mencampurnya dengan oat (oat dan air atau susu), masukkan ke dalam lemari es dan tambahkan buah di pagi hari.

3. Tetap terhidrasi

Banyak asupan air sangat penting, mulailah menambahkan makanan sehat kaya air seperti mentimun, tomat, bayam dan jeruk ke dalam menu sahur.

Tambahkan jus segar (tanpa tambahan gula) dan protein shake yang dicampur air tepat di menit terakhir sebelum imsak.

Semakin lama kamu makan hal yang benar, semakin lama kamu bisa menahan rasa lapar. Hindari minum kopi saat sahur, karena dapat mempercepat dehidrasi.

4. Hindari junk food

Ini penting untuk menjaga rasa lapar dan haus selama puasa. Makanan tinggi garam seperti daging olahan dapat menyebabkan ketidakseimbangan natrium dalam tubuh dan membuat kamu lebih cepat merasa haus.

Sementara makanan tinggi gula seperti roti dan sereal rendah nutrisi mungkin terasa kurang memuaskan dan akan merasa lapar dalam beberapa jam.

Pikirkan tentang menambahkan lemak sehat, seperti alpukat dan salmon, untuk memperlambat pencernaan makanan, jadi kamu tidak akan mudah lapar.

5. Kembali tidur

Setelah makan sahur dan berdoa, cobalah kembali tidur selama beberapa jam lagi. Ini tergantung pada pekerjaan dan gaya hidupmu, tetapi jam istirahat tambahan dapat membantu mengurangi pembakaran kalori dan juga membantu kamu merasa segar.

Baca juga: Penderita Asam Lambung Gerd Jangan Tidur Setelah Sahur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com