Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2020, 17:01 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Perasaan khwatir dalam hubungan adalah hal yang normal, namun jika kita selalu dikuasai rasa cemburu, insecure alias tidak aman, hubungan kita dengan pasangan lama-lama akan renggang.

Perasaan tidak aman (insecure) dalam skala tertentu sebenarnya bisa berdampak positif, karena memacu kita untuk bekerja keras dalam hubungan dan lebih menghargai pasangan.

Yang berbahaya adalah jika perasaan itu mendominasi karena malah dapat menciptakan lingkungan toksik dan menurunkan rasa percaya diri. Kita akan merasa terus membandingkan diri dan dilanda kecemasan.

Salah satu tanda insecure adalah rasa cemburu, dan ini pada awalnya terasa tak berbahaya, bahkan romantis.

Tetapi jika kecemburuan itu terlalu dalam sampai membuat kita sering bertanya-tanya apakah pasangan benbar-benar mencintai kita, maka kita akan bertindak di luar karakter asli dan merusak hubungan.

Baca juga: Mengapa Pria Cari Pasangan Selingkuh? Ini 7 Kemungkinannya

Sebelum kita dikuasai rasa kekhawatiran dan tidak aman, lakukan ini untuk mencegahnya:

- Bangun kepercayaan diri
Perasaan tidak aman memang melekat kuat dan sering sulit disingkirkan. Perasaan ini menghisap kestabilan emosi. Maka, membangun kepercayaan diri adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan rasa insecure.

Bagaimana caranya? Lakukan self-care atau tindakan yang mencerminkan kita mencintai diri sendiri. Misalnya memanjakan diri sendiri di spa, mulai berolahraga untuk menjaga kesehatan, atau melakukan hal lain yang sangat kita cintai.

Mulailah dengan memilih satu kebiasaan yang ingin kita hilangkan dan kebiasaan yang ingin kita miliki.

- Cari tahu akar masalahnya

Sulit untuk menyelesaikan masalah jika kita tidak tahu akar penyebabnya. Gailah lebih dalam dan evaluasi apa yang membuat kita merasa sedih dalam hubungan yang sedang dijalani.

Apakah itu sesuatu yang diucapkan ibu kita saat berusia 5 tahun dan masih teringat sampai sekarang? Apakah itu sesuatu yang dilakukan pasangan yang membuat kita memikirkan motif di baliknya? Ataukah itu komentar dari orang lain di unggahan media sosial kita?

Ilustrasi selingkuh Ilustrasi selingkuh

Apa pun itu, hubunganmu dengan pasangan akan merasakan manfaat positifnya jika kita bisa mengetahui sumber dari perasaan tidak aman dan bisa menghilangkannya.

- Percaya pada diri dan pasangan
Bukan pengetahuan baru bahwa kunci dari hubungan yang sehat dan bahagi adalah rasa percaya.

Kepercayaan bukan cuma berbagi rahasia terdalam dengan pasangan tanpa cemas ia akan membocorkannya, tetapi juga memberi rasa nyaman dengan apa yang akan disampaikannya. Bahwa pasangan tidak akan mengkhianati atau menyakiti.

Baca juga: 8 Cara Mudah Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com