Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Anies Baswedan Ajak Masyarakat Beli Hasil Karya Perajin

Kompas.com - 09/05/2020, 08:30 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Fery Farhati Ganis, mengungkapkan, pandemi Covid-19 juga berdampak pada para perajin di DKI Jakarta yang tergabung dalam Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) DKI Jakarta.

“Mereka sekarang berusaha untuk bertahan. Karena permintaan untuk produksi mereka menurun sekali,” ujar Fery dalam acara Muslimah Creative Stream Fest yang disiarkan lewat YouTube Live, Jumat (8/5/2020).

Beberapa dari perajin berinovasi dan memproduksi masker dan APD. Bahkan, produksi ini digunakan sebagai ajang untuk beramal.

“Sebagian dari perajin, yang mengumpulkan dana untuk memproduksi APD, kemudian APD-nya diberikan gratis ke rumah sakit-rumah sakit,” ungkapnya.

Fery menambahkan, ada pula perajin yang tetap memproduksi karya mereka demi memenuhi kebutuhan.

“Misalnya batik Marunda yang menghidupi ibu-ibu yang tinggal di rusun Marunda, tapi batiknya sendiri berkurang peminatnya,” ujar Fery.

“Tapi mereka tetap melakukan, agar pendapatan mereka tetap bisa diberikan,” imbuhnya.

Untuk itu, Fery meminta pada masyarakat untuk tetap membeli hasil karya para perajin.

“Jadi kalau kita mau mendukung ibu-ibu di rusun ini, belilah hasil mereka. Karena ini penghasilan buat mereka, selembar kain ini bisa menghidupi keluarga,” ungkap Fery.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com