Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran 2020, Busana Muslim Sederhana Jadi Primadona

Kompas.com - 13/05/2020, 07:15 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah akan segera tiba. Meski dihabiskan di tengah masa pandemi, bukan berarti orang-orang tidak memikirkan pakaian yang akan dikenakan di hari lebaran.

Jika pada lebaran di tahun-tahun sebelumnya, mungkin masih banyak orang yang melirik busana muslim dengan aksen ramai. Namun pada lebaran tahun ini, busana yang dicari cenderung lebih sederhana.

"Tren busana muslim agak sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang banyak payet, bordir, tahun ini orang lebih suka yang simple."

Demikian diungkapkan oleh Vice President Fashion Wanita Category Blibli, Desey Muharlina Bungsu dalam online exclusive group interview, Selasa (12/5/2020).

Aspek kenyamanan menjadi hal yang dicari oleh para pelanggan. Oleh karena itu, jenis busana yang dicari cenderung bertemakan daily wear (busana sehari-hari) sehingga bisa juga dimanfaatkan untuk momen lainnya di luar hari lebaran.

Dari segi warna, ada dua tren yang menurut Desey cukup menonjol dari para pelanggan Blibli. Bagi para pelanggan busana modest, warna yang diburu lebih kepada warna-warna pastel, warna tanah, hingga warna yang sedikit gelap.

Lain dengan pelanggan busana non-modest yang lebih menggemari warna-warna terang.

Momen lebaran yang berdekatan dengan musim panas juga memengaruhinl pilihan warna tersebut.

"Warna lebih berani karena Juni-Juli sudah masuk summer trend, jadi sudah mengikuti warna summer. Kami coba akomodasi itu," ungkapnya.

Situs e-commerce Blibli meluncurkan kolaborasi Ramadan bersama 12 creativepreneurbrand fashion ternama yang terbagi ke dalam koleksi modest wear (busana muslim) dan non-modest wear.Dok. Blibli Situs e-commerce Blibli meluncurkan kolaborasi Ramadan bersama 12 creativepreneurbrand fashion ternama yang terbagi ke dalam koleksi modest wear (busana muslim) dan non-modest wear.
Meski begitu, hal yang dicari pelanggan untuk busana muslim sebetulnya cenderung berbeda-beda. Hal itu juga ditemukan oleh label busana modest, Kami dari para pelanggannya.

Namun, Co-Founder Kami, Nadya Karina mengungkapkan, perbedaan minat busana lebaran dari tahun ke tahun cenderung terletak pada warnanya.

"Yang aku tahu lebaran biasanya orang-orang ingin cantik dan langsing, tetapi ingin nyaman. Selalu seperti itu jadi dari tahun ke tahun siluet hampir mirip," ujar Karin.

Pada kesempatan yang sama Blibli mengumumkan kolaborasi Ramadan bersama 12 creativepreneur brand fashion ternama yang terbagi ke dalam koleksi modest wear (busana muslim) dan non-modest wear.

12 brand tersebut antara lain Buttonscarves, Diario x Nagita Slavina, Kami., Iskanti, Puru Kambera Apparel, Ria Miranda, Vivi Zubedi, Zyta Delia x Mega Iskanti, dan Zyta Delia Kartini. Selain itu, terdapat juga Calla the Label, Kala Studio, dan ATS the Label.

Koleksi kolaborasi eksklusif dari 12 brand telah tersedia di Blibli sejak 7 April 2020. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com