Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2020, 13:50 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa 85 persen pria mengeluhkan masalah rambut berupa kerontokan yang mengarah pada kebotakan?

Jika kamu adalah salah satunya, cobalah menggunakan vitamin rambut pria yang memiliki khasiat dari mencegah rambut rontok hingga melebatkan rambut berikut ini.

Kerontokan dan penipisan rambut yang mengarah pada kebotakan memang bisa terjadi pada siapa saja, namun paling banyak dialami oleh pria.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor keturunan, perubahan hormon, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Pada beberapa kondisi, hal ini bisa dicegah dengan menggunakan vitamin rambut. Hanya saja, kamu sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui dosis vitamin yang tepat, karena menggunakan terlalu banyak vitamin pada rambut justru akan memperparah kerontokan.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Rambut Rontok

Vitamin rambut pria yang dapat dipilih

Ada banyak jenis vitamin rambut yang beredar di pasaran. Namun, jenis vitamin rambut pria yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

Vitamin A

Vitamin A dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan mempercepat pembaruan jaringan di dalam tubuh manusia.

Salah satu prinsip kerja vitamin A adalah mengaktifkan sebum sehingga kulit kepala akan lebih lembap dan sehat, yang kemudian menjadi iklim yang baik bagi tumbuhnya rambut.

Selain lewat suplemen vitamin rambut, kita dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, ubi, dan bayam.

Hanya saja, ketahui takaran vitamin A yang dibutuhkan oleh rambut karena vitamin rambut pria ini dapat memperparah kebotakan jika digunakan secara berlebihan.

Vitamin B

Vitamin B yang dimaksud sebagai vitamin rambut pria adalah biotin. Penelitian mengungkap biotin dapat mencegah kerontokan rambut secara signifikan pada manusia.

Meskipun demikian, pemakaian biotin hanya efektif mencegah kerontokan bila seseorang memang kekurangan vitamin B.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com