Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2020, 20:40 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Metabolisme memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh untuk mengubah makanan yang kita makan menjadi energi.


Namun saat metabolime tubuh bermasalah, kita pasti akan merasa tidak nyaman. Masalah pada metabolisme dianggap normal terjadi seiring bertambahnya usia, kata Scott Keatley, RD, dari Keatley Medical Nutrition Therapy.

Sehingga, semakin besar kemungkinan akan menambah berat badan ketika kita tidak makan dengan baik dan memastikan kita harus bekerja lebih keras lagi untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: 6 Trik Sederhana Dongkrak Metabolisme Tubuh

Tetapi jika kamu mengalami salah satu gejala di bawah ini, itu mungkin berarti ada sesuatu yang tidak biasa terjadi dengan metabolisme tubuhmu. Berikut adalah beberapa tanda adanya masalah dengan metabolisme tubuh.

1. Merasa sangat lelah

Banyak hal dapat membuat kita merasa lelah, termasuk faktor-faktor yang jelas seperti tidak cukup tidur dan atau berolahraga terlalu keras.

"Tetapi jika kamu sering merasa lelah, itu bisa menjadi tanda bahwa metabolisme tubuh telah sedikit lebih lambat, karena tubuhmu tidak berjalan dengan semestinya dalam mengubah asupan makanan menjadi energi," kata Lisa Moskovitz, RD dan CEO NY Nutrition Group.

2. Kulit dan rambut tiba-tiba kering

Ketika metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik, tubuh tidak akan memperbaiki sel secepat yang seharusnya untuk menjaga kulit dan rambut, kata Keatley.

Perlu dicatat, ini juga bisa menjadi pertanda banyak hal lain, termasuk gizi buruk.

3. Selalu menginginkan makanan manis dan makanan bertepung

Menginginkan suatu makanan, sering kali merupakan cara tubuh untuk meminta penjemputan energi, kata Moskovitz.

Jika kamu makan dengan baik dan tidur cukup, tetapi masih memiliki hasrat yang sangat kuat, bisa jadi metabolisme tubuh tidak secara efektif mengubah makanan yang sudah kita makan menjadi energi yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Trik Turunkan Berat Badan bagi Pemilik Metabolisme Lambat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com