Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi Pandemi, Masih Perlukah Imunisasi Dasar Anak Dilakukan?

Kompas.com - 26/05/2020, 09:13 WIB
Hotria Mariana,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

Sumber GenBest.id

KOMPAS.com – Guna melindungi si kecil dari berbagai penyakit berbahaya, seperti campak, rubella, atau hepatitis, imunisasi saat pandemi Covid-19 tetap harus diusahakan, terutama imunisasi dasar untuk bayi 0-18 bulan.

Merujuk pada Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ada sejumlah imunisasi untuk anak yang harus diberikan sesuai jadwal, di antaranya vaksin polio, PVC, BCG, Polio 0, dan DPT+Hib+Hepatitis B1.

Imunisasi bagi anak bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh melalui pembentukan zat anti penyakit atau antibodi dengan kadar tertentu.

Akan tetapi, di luar imunisasi dasar tersebut, IDAI mengatakan, pemberiannya dapat ditunda.

Baca juga: Jadwal Imunisasi Anak Umur 0-18 Bulan

Apabila pemberian imunisasi terlambat dari jadwal, antibodi yang dimiliki anak untuk melawan jenis penyakit tersebut akan melemah. Akibatnya, si kecil lebih rentan terserang penyakit.

Maka dari itu, sebagai orangtua Genbest (Generasi Bersih dan Sehat) tak perlu khawatir untuk melakukan imunisasi dasar anak, asal mengikuti pedoman berikut ini.

Pertama, gunakan masker saat hendak mengunjungi fasilitas kesehatan (faskes). Jika butuh ditemani, sebaiknya pengantar hanya satu orang.

Kedua, pastikan ruangan faskes (fasilitas kesehatan) cukup luas sehingga dapat melakukan social distancing (jaga jarak sekitar satu hingga dua meter dengan pengunjung lain). Hindari bergerombol dengan orang lain. 

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Imunisasi Buat Anak

Ketiga, cuci tangan saat masuk dan keluar dari faskes. Biasanya, faskes menyediakan wastafel dan hand sanitizer.

Keempat, usai anak mendapat imunisasi, bawa ke ruang tunggu yang sudah disediakan. Tunggu sekitar 30 menit karena terkadang imunisasi dapat menimbulkan beberapa reaksi.

Apabila dalam 30 menit kondisi anak tetap baik, biasanya anak diperbolehkan pulang ke rumah. Terakhir, jangan lupa bersihkan diri begitu sampai di rumah.

Baca juga: Bolehkah Anak Hanya Diimunisasi yang Diwajibkan Pemerintah

Mulai sekarang, Genbest bisa mencari informasi lainnya mengenai seputar kesehatan bayi, remaja putri, ibu hamil, dan hal-hal yang berkaitan dengan pencegahan stunting lewat laman https://genbest.id/. Yuk sadar stunting dimulai dari diri sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber GenBest.id


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com