Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2020, 21:18 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, kerontokan rambut yang berakibat pada kebotakan akan  menurunkan rasa percaya diri ketika berpenampilan.

Tak heran banyak yang melakukan berbagai cara untuk mengatasi kebotakan. Salah satunya menggunakan produk penumbuh rambut berbahan kimia, yang tanpa disadari efeknya justru bisa membuat rambut semakin rusak.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa cara yang lebih aman untuk membantu mengatasi rambut rontok dan kebotakan menggunakan cara dan bahan alami. Berikut lima langkah mengatasi kebotakan:

1. Minyak ikan

Mengonsumsi asam lemak omega 3 yang terdapat dalam minyak ikan dapat membantu memperbaiki rambut dari dalam, karena dipenuhi dengan nutrisi dan protein.

Suplemen omega, bersama dengan antioksidan membantu meningkatkan kepadatan dan diameter rambut. Ini juga mengurangi kerontokan rambut sehingga kebotakan bisa diatasi.

Baca juga: Mari, Kenali Banyaknya Manfaat Minyak Ikan bagi Tubuh

2. Jus bawang

Jus bawang terbukti sebagai sumber terpercaya untuk mengobati alopecia areata yang tidak merata dengan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Jus bawang juga dianggap meningkatkan sirkulasi darah ke akar rambut. Penelitian pada hewan menunjukkan peningkatan faktor pertumbuhan keratin dan aliran darah ke kutikula.

Caranya, campurkan beberapa bawang untuk diperas menjadi jus. Oleskan jus ke kulit kepala dan rambut, lalu biarkan selama 15-30 menit. Kemudian keramas secara normal.

Baca juga: Perhatikan, 12 Manfaat Hebat Bawang Putih

3. Lemon

Lemon juga punya sejuta manfaat selain untuk meningkatkan kebugaran. Kesegaran perasan lemon ternyata dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.

Oleskan jus lemon segar ke kulit kepala dan rambut selama 15 menit sebelum keramas. Bisa juga menggunakan minyak esensial lemon yang dilarutkan dalam minyak pembawa sebagai masker rambut.

Baca juga: Manfaat Air Lemon yang Jarang Diketahui

4. Lidah buaya

Lidah buaya telah lama digunakan untuk merawat rambut rontok. Bahan ini juga menenangkan kulit kepala dan memperbaiki kondisi rambut. 

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com