Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengenakan "Panty Liner"

Kompas.com - 28/05/2020, 14:53 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber fustany

KOMPAS.com— Panty liner alias pembalut harian yang tipis saat ini menjadi bagian dari rutinitas kebersihan pribadi wanita, khususnya setelah menstruasi berakhir, saat muncul vlek atau keputihan.

Pada dasarnya pemakaian panty liner tidak dianjurkan untuk pemakaian setiap hari karena dapat membuat area vagina makin lembab. Sebelum memutuskan memakai panty liner, bahkan untuk masa setelah haid berakhir, ketahui dulu enam hal berikut:

1. Sebelum mengenakan panty liner, pastikan tangan dalam kondisi bersih, lebih baik jika kita mencuci tangan dulu dengan sabun. Hal ini dilakukan untuk menghindari transfer bakteri. 

2. Lebih baik menggunakan panty liner tanpa pewangi untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya gatal atau peradangan pada vagina.

3. Pastikan untuk mengganti panty liner harian setidaknya setiap lima jam. Tapi, segera ganti jika sebelum itu vagina terasa lembab. 

Baca juga: Apakah Pembalut Berpewangi Sehat?

4. Jangan gunakan panty liner saat akan pergi tidur, karena kulit di bagian sensitif juga perlu bernafas selama kamu tidur di malam hari.

5. Panty liner dapat dikenakan sebelum atau setelah menstruasi, tetapi tidak saat kamu sedang menstruasi. Pembalut tipis ini tidak dimaksudkan untuk menampung keluarnya cairan yang banyak seperti darah menstruasi.

6. Jika kamu memiliki kulit sensitif, cobalah untuk memilih produk panty liner dengan ekstrak kapas. Beberapa merek cukup lembut untuk penggunaan sehari-hari dan tidak mengiritasi vagina.

Baca juga: Kebiasaan yang Membahayakan Organ Intim Wanita

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber fustany
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com