Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Mengatasi Rasa Sedih Akibat Ditinggal Kekasih?

Kompas.com - 09/06/2020, 23:24 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Ditinggal kekasih memang dapat menyisakan luka yang teramat dalam apalagi bila sudah terbiasa bersama. Ketika hal itu terjadi, wajar bila kamu merasa galau, sedih, sakit hati, kecewa, dan tak tahu harus berbuat apa.

Namun, jika patah hati dibiarkan terus berlarut, maka lama-kelamaan hidup pun akan terasa semakin kacau. Jadi, tentu saja kamu harus mengatasinya dengan tepat.

Berikut cara ampuh mengatasi rasa sedih dan galau akibat ditinggal kekasih yang bisa dicoba:

1. Tenangkan diri

Ditinggal kekasih tentu saja membuatmu merasa shock dan sedih. Akan tetapi, jangan terus meneror mantan karena hal tersebut bisa memperburuk hubungan dengannya.

Selain itu, kamu juga akan terus diliputi oleh emosi yang negatif. Jadi, tenangkan diri dan beristirahatlah sejenak agar dapat fokus pada pemulihan diri sendiri.

2. Mencari tantangan dan pengalaman baru

Jika sebelumnya kamu tidak pernah mencoba suatu hal yang baru, maka ini saatnya untuk mencoba.

Mencari tantangan dan pengalaman baru dapat menjadi langkah yang produktif untuk memulihkan diri dan membuat kamu merasa lebih bahagia.

Namun, pastikan itu merupakan hal yang positif sehingga potensi dalam diri pun bisa tergali. Kamu juga dapat mencoba berkenalan dengan orang-orang baru.

Baca juga: Jangan Sering Sedih! Sindrom Patah Hati Bisa Membunuh

3. Rutin berolahraga

Perpisahan bisa menimbulkan kesedihan yang sulit dikendalikan hingga menyebabkan stres. Dalam mengalihkan perasaan tersebut, cobalah untuk rutin berolahraga.

Bukti menunjukkan bahwa latihan fisik dapat membantu mengatasi masalah suasana hati, masalah tidur, dan sulit konsentrasi. Ini menjadi salah satu langkah yang baik untuk pemulihan diri karena dapat menyehatkan tubuh pula.

4. Mencoba tersenyum

Merasa sedih merupakan respons alami terhadap perpisahan dan akan menurun seiring waktu. Namun jika ingin meningkatkan kebahagiaan, cobalah untuk tersenyum.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com