Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2020, 11:57 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Pinkvilla

KOMPAS.com - Obesitas adalah kondisi kesehatan yang bisa memicu sejumlah penyakit mematikan, seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga stroke.

Semua orang ingin menghindarinya, namun tidak semua orang bisa dengan mudah memulai kebiasaan baik sejak awal demi mencegah obesitas.

Pola hidup kurang gerak danmakanan tidak sehat memicu banyak orang mengalami obesitas.

Menerapkan pola makan sehat, olahraga rutin dan istirahat cukup menjadi beberapa kebiasaan baik yang bisa membantu kita mencegah obesitas.

Di samping itu, ada beberapa cara lain yang bisa membantu usaha penurunan berat badan kita agar lebih optimal. Apa saja?

1. Semangkuk sup sebelum makan

Dilansir pinkvilla.com, ada beberapa aktivitas sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan penurunan berat badan. Salah satunya adalah membiasakan diri makan semangkuk sup sebelum makan.

Studi mengungkapkan bahwa kebiasaan ini bisa membantu menekan nafsu makan dan perilaku makan berlebih. Makan berlebih bisa memicu konsumsi kalori berlebih, dan ketika kalori tersebut tidak dibakar, maka akan tersimpan sebagai lemak.

Selain itu, kebiasaan makan sup sebelum makan dapat memberikan otak, hormon dan perut waktu yang cukup untuk mengordinasikan sinyal rasa kenyang.

Baca juga: Resep Sup Ayam Sederhana dan Bernutrisi

2. Ngemil cerdas

Makan dalam keadaan sangat lapar bukanlah ide yang bagus. Pastikan kamu tetap makan dalam jumlah moderat.

Sebab, jika kita kelaparan, kita akan cenderung makan lebih banyak dan tidak akan merasa puas. Selain itu, kelaparan juga akan membuat kita makan lebih terburu-buru dan hal itu juga tidak disarankan.

Daripada makan berlebih, lebih baik mengatur jadwal makan camilan. Pastikan camilan yang dikonsumsi adalah camilan sehat, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, camilan gandum utuh, keju rendah lemak, atau camilan sehat lain.

Baca juga: Jenis Camilan Sehat untuk Mendukung Diet

3. Tidur cukup

Seperti telah disebutkan di atas, tidur cukup adalah salah satu komponen penting untuk menurunkan berat badan.

Halaman:
Sumber Pinkvilla
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com