Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2020, 09:11 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - “Whoever invented the bicycle deserves the thanks of humanity.” - Lord Charles Beresford

Sepeda memang dapat dikatakan sebagai sebuah penemuan besar yang memiliki banyak fungsi dalam kehidupan manusia.

Saat kecil, seorang anak biasa diberikan sepeda sebagai kendaraan untuk bermain, baik itu di sekitar rumah atau saat bepergian dengan keluarga. Beranjak dewasa, sepeda juga kerap digunakan sebagai alat transportasi.

Meskipun banyak orang lebih memilih mobil dan motor, pengguna setia sepeda masih ada, bahkan akhir-akhir ini bertambah, terlihat dengan banyaknya orang mencari sepeda.

Alasan terbaru, banyak orang menganggap sepeda sebagai alat transportasi yang lebih aman dari penularan virus corona, dibanding naik kendaran umum.

Baca juga: Dampak Covid-19, Akankah Bersepeda Jadi Kehidupan Normal yang Baru?

Tidak hanya itu, sepeda juga kerap menjadi media dalam aktivitas fisik dan latihan olahraga, sekaligus kendaraan yang ramah lingkungan. Jangan heran jika sepeda akan selalu ada dan menjadi benda yang spesial dalam hidup manusia.

Saat ini, para pesepeda tidak hanya menggunakan sepeda untuk fungsi di atas saja, melainkan juga untuk sarana hobi.

Bepergian jarak jauh atau traveling dengan sepeda juga menjadi tantangan yang unik. Tidak hanya untuk sarana refreshing, tetapi juga untuk melatih napas dan kekuatan otot. Menyenangkan, bukan?

Tips bersepeda untuk pemula

Bagi yang berminat untuk memulai gaya hidup baru yang lebih ramah lingkungan dan sehat dengan bersepeda, kamu dapat menyimak ulasan mengenai tips bersepeda untuk pemula berikut ini.

1. Pilihlah sepeda yang tepat

Saat memilih sepeda, pastikan kamu paham betul untuk apa sepeda yang ingin dibeli. Rute seperti apa yang ingin dilalui dan seberapa sering akan menggunakan sepeda tersebut.

Tidak perlu mahal, yang terpenting sepeda yang kamu gunakan nyaman, memiliki kondisi yang baik, dan sesuai untuk kebutuhanmu bersepeda.

Baca juga: Sepeda Apa yang Cocok Untuk Anda?

2. Perhatikan kenyamanan

Jika kita amati, para pesepeda senior biasanya akan melakukan penyesuaian kondisi sepeda untuk menunjang kenyamanan saat digunakan.

Halaman:
Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com