Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kembali Akur Setelah Bertengkar dengan Mertua

Kompas.com - 15/06/2020, 13:17 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selisih pendapat antara mertua dan menantu sangat sering terjadi, seringkali terjadi pada mertua perempuan dan menantu perempuan. Salah satu contohnya adalah ketika mertua tidak setuju dengan caramu membesarkan anak.

Adu argumen antara mertua dan menantu juga kerap berakhir dengan pertengkaran dan saling tidak bicara selama beberapa waktu.

Namun, tentunya hubungan yang dingin dengan mertua tidak bisa berjalan selamanya. Ada satu waktu di mana dirimu, sebagai menantu, mungkin berpikir perlu mengambil langkah duluan untuk akur kembali dengan mertua demi kebahagiaan anak dan keluarga.

Baca juga: Cara Sandra Dewi Hindari Konflik dengan Mertua

Jika kamu masih bingung untuk memulai, sejumlah langkah berikut bisa kamu coba untuk menghangatkan kembali hubungan bersama mertua, seperti dilansir youngparents.com.sg.

1. Bicara empat mata

Carilah momentum yang tepat untukmu berbicara empat mata bersama mertua. Kamu juga bisa mengatur waktu janjian dengannya.

Dengan tenang, cobalah kamu jelaskan apa yang membuatmu kesal dan membuat kalian beradu pendapat.

Tambahkan ungkapan bahwa kamu ingin hubunganmu dengannya tetap lebih baik dan memastikan keluarga tetap harmonis.

Mertuamu cenderung tidak akan menolak permintaan yang beralasan. Jika ketegangan sudah melunak, kamu bisa mulai menjelaskan bahwa dirimu sangat menghormati mereka dan memahami bahwa mereka punya pengalaman yang lebih banyak untuk dibagikan.

Dengarkan apa responsnya dengan baik dan dengan hormat mintalah orangtua agar tidak mengungkapkan kritik tentang pola asuh di depan anak atau orang lain.

Kamu juga bisa bertanya pada mertuamu hal apa yang bisa membuat hubungan kalian menjadi lebih harmonis satu sama lain. Cara-cara ini membuatmu dan mertua sama-sama mencari solusi daripada terus bertahan pada masalah di masa lalu.

Baca juga: 10 Rahasia Taklukkan Hati Calon Mertua

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com