Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/06/2020, 14:06 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Akan selalu ada masa ketika seseorang mengalami sariawan. Mau tidak mau, penyakit yang satu ini memang kerap datang tak diundang.

Untungnya, obat sariawan alami mudah ditemukan dan bisa dibuat dari bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Terutama bagi orang yang sensitif, biasanya sariawan lebih mudah muncul karena berbagai pemicu. Misalnya ketika orang lain biasa-biasa saja saat mengonsumsi jus jeruk, mereka yang sensitif bisa mengalami sariawan karena zat asam dari jus itu bisa “merusak” jaringan di dalam mulut.

Beberapa opsi obat sariawan alami di bawah ini bahan-bahannya mudah ditemukan di rumah dan bahkan bisa kita buat sendiri.

Tapi jangan asal pakai, kamu tetap harus memperhitungkan kondisi diri dan mencari tahu apa kandungan dari obat sariawan alami yang bisa menyembuhkan.

Berikut ini obat sariawan alami yang layak dicoba:

1. Soda kue

Salah satu obat sariawan alami yang paling populer adalah soda kue. Bubuk dalam soda kue mengandung alkaline yang dapat menetralisir kondisi asam, pemicu iritasi pada sariawan.

Tak hanya itu, soda kue juga membantu membunuh bakteri sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. Caranya pun mudah, kamu cukup berkumur dengan 1 sendok teh soda kue yang dimasukkan ke ½ gelas air hangat.

Baca juga: Rasakan, Manfaat Tak Terduga dari Baking Soda

2. Lidah buaya

Tak hanya berkhasiat untuk rambut, rupanya lidah buaya bisa jadi obat sariawan alami. Lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan dan membuat kamu tidak terlalu merasakan nyeri akibat sariawan.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan mengeringkan area yang terkena sariawan. Kemudian, tempelkan gel lidah buaya dengan sendok bersih ke titik sariawan. Metode ini bisa diulang hingga beberapa kali.

Baca juga: 10 Manfaat Lidah Buaya yang Jarang Diketahui

3. Kantong teh

Adakah teh di rumah? Kamu bisa menjadikannya sebagai obat sariawan alami berikutnya. Kamu hanya perlu menempelkan kantong teh yang lembab ke sariawan selama sekitar 5 menit.

Setelah itu, nyeri sariawan akan sedikit reda. Cara ini bisa diulang beberapa kali asal tetap memperhitungkan kebersihan kantong teh yang digunakan.

Baca juga: 7 Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Mata

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com