Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Punya Gairah Seksual Tinggi?

Kompas.com - 16/06/2020, 11:12 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Apakah kamu memiliki pertumbuhan rambut yang tebal di wajah atau beberapa bagian tubuh? Sebagian besar orang meyakini bahwa wanita berbulu lebat di bagian wajah atau tubuhnya merupakan tanda ia memiliki gairah seksual atau libido tinggi.

Tak ayal bila ada wanita yang memiliki rambut tebal, seperti kumis tipis atau rambut di tangan dan kaki, dianggap sebagai wanita hiperseksual. Tapi benarkah demikian?

Wanita berbulu lebat dalam dunia medis dikenal dengan istilah hirsutisme. Hirsutisme adalah suatu kondisi tumbuhnya rambut di bagian wajah dan tubuh tertentu seorang wanita.

Wanita yang mengalami hirsutisme dapat mengalami pertumbuhan rambut pada bagian tubuh lainnya, seperti di atas bibir, dagu, tangan, kaki, perut, dada, dan punggung.

Pada beberapa kasus, penyebab wanita berbulu lebat memang tidak dapat diketahui. Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang menyebabkan wanita berbulu lebat, yaitu:

  • Faktor genetik atau keturunan
  • Peningkatan hormon testosteron (androgen)
  • Konsumsi obat-obatan, dan kondisi kesehatan lainnya

Anggapan yang kerap beredar di masyarakat mengenai rambut yang lebat pada wajah dan tubuh wanita seringkali dikaitkan dengan gairah seksual yang tinggi.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa salah satu penyebab wanita berbulu lebat adalah peningkatan kadar hormon testosteron.

Hormon testosteron, atau hormon androgen, adalah hormon yang dimiliki oleh pria, tetapi tidak menutup kemungkinan wanita juga bisa memilikinya.

Sejumlah penelitian terbaru menyebutkan bahwa hormon testosteron sama sekali tidak berhubungan dengan peningkatan gairah seksual, bahkan pada pria dalam kondisi sehat sekali pun.

Baca juga: Ini Dia 6 Manfaat Hormon Testosteron di Tubuh Pria

Namun, hormon testosteron yang tinggi pada wanita ternyata hanya sedikit berkaitan dengan gairah seksual. Ini artinya, anggapan wanita berbulu lebat memiliki libido tinggi sebenarnya tidak sepenuhnya benar atau salah.

Pernyataan tersebut diperkuat oleh sebuah studi yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal Archives of Sexual Behavior.

Para peneliti melaporkan bahwa wanita sehat dengan kadar testosteron yang tinggi hanya mempunyai gairah seksual lebih tinggi untuk masturbasi, dan bukan melakukan hubungan seks dengan pasangannya.

Kendati demikian, hasil studi unik ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut sehingga tidak dapat dijadikan sebagai dasar sains yang mutlak.

Pasalnya, menurut seorang ahli neuroendokrinologi dari University of Michigan, sebagian besar studi mengenai hasrat dan hormon seksual menggunakan subjek hewan sebagai uji coba, serta partisipan yang berasal dari orang-orang dengan hormon testosteron rendah atau tinggi yang sengaja datang ke rumah sakit guna mendapatkan pengobatan.

Baca juga: Pria Sukai Aroma Wanita yang Sedang Bergairah, Benarkah?

Hal-hal yang memengaruhi gairah seksual tinggi pada wanita

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com