Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 07/03/2022, 07:37 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Usia yang terus bertambah ditambah dengan pola makan sembarangan, akan membuat naiknya kolesterol. Tingginya kolesterol ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Untungnya, ada beberapa buah penurun kolesterol yang tentu hanya akan bekerja efektif bila diiringi dengan gaya hidup sehat.

Tidak berlebihan jika menyebut pola makan sangat berhubungan dengan kadar kolesterol dalam tubuh. Beberapa buah penurun kolesterol yang bisa dicoba adalah:

Alpukat

Ilustrasi alpukatbarmalini Ilustrasi alpukat
Tidak terbantahkan lagi bahwa alpukat adalah salah satu buah yang paling kaya nutrisi. Kandungan lemak tunggal tak jenuh dan serat dalam alpukat bisa membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang mengalami obesitas dan mengonsumsi satu buah alpukat setiap harinya memiliki kadar kolesterol jahat lebih rendah ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi alpukat.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Mata hingga Jantung, Alpukat Kaya akan Manfaat

Berries

Ilustrasi buahcheche22 Ilustrasi buah
Buah-buahan berries seperti stroberi, blueberry, dan blackberry adalah sumber antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, tingginya kandungan serat dalam buah-buahan berries membantu menghentikan produksi kolesterol.

Jeruk

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah citrus fruit seperti jeruk dan grapefruit. Tak hanya menjadi sumber vitamin C yang melimpah, namun jeruk juga mengandung substansi yang disebut fitosterol.

Kandungan lemak ini sama seperti yang ada di kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran dan ampuh menurunkan kolesterol.

Baca juga: Simak 4 Makanan yang Bisa Turunkan Kolesterol di Usia 50

Anggur

Ilustrasi. Ilustrasi.
Anggur mengandung substansi bernama pterostilbene dan trigliserida yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Bahkan, kinerjanya bisa sama efektifnya dengan obat penurun kolesterol.

Dalam uji laboratorium, kandungan dalam anggur terhadap enzim sama seperti kinerja obat ciprofibrate yang digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com