Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Radang Tenggorokan, Makan Apa yang Boleh dan Tidak Boleh?

Kompas.com - Diperbarui 21/03/2022, 09:32 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Radang tenggorokan atau dikenal dengan faringitis adalah suatu kondisi ketika bagian belakang tenggorokan (faring) mengalami peradangan.

Gejala radang tenggorokan umum terjadi pada beberapa jenis penyakit berbeda atau dapat terjadi akibat penyakit lain, seperti flu, demam, dan mononukleosis (demam kelenjar).

Meski gejala radang tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya, kondisi tersebut kerap kali membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan sulit untuk menelan.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui jenis minuman dan makanan untuk radang tenggorokan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Mengonsumsi beberapa jenis makanan dapat membantu mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan, serta mempercepat proses penyembuhan.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

Berikut adalah jenis-jenis makanan yang bisa dikonsumsi saat kamu sedang mengalami radang tenggorokan.

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki tekstur lembut sehingga baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang mengalami radang tenggorokan.

2. Sup ayam

Sup ayam adalah pilihan jenis makanan untuk radang tenggorokan lainnya. Para peneliti melaporkan bahwa sup ayam memiliki sifat antiinflamasi atau antiradang dan membantu membersihkan saluran pernapasan sehingga dapat meringankan kondisi radang tenggorokan.

3. Telur

Kandungan protein di dalam telur dianggap dapat mengatasi kondisi radang tenggorokan. Saat sakit tenggorokan, kita dapat mengonsumsi telur orak-arik atau telur rebus agar terasa lebih lembut dan lunak sehingga mudah dicerna.

4. Aneka sayuran

Sayur-sayuran juga dapat membantu meringankan gejala radang tenggorokan, di antaranya wortel, kembang kol, kentang, dan lainnya, asalkan dimasak hingga lunak.

5. Madu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com