Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor, Gitar MTV Unplugged Kurt Cobain Terjual Rp 85,5 Miliar

Kompas.com - 21/06/2020, 22:23 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Gitar milik Kurt Cobain yang dipakai dalam pertunjukan MTV Unplugged di New York tahun 1993 telah mencetak rekor sebagai gitar paling mahal yang pernah dijual.

Gitar Martin D-18E 1959 yang dimainkan Cobaik dalam konser yang amat terkenal itu tadinya ditawarkan dengan harga awal 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 14,2 miliar dalam lelang Julien’s Auctions. Namun ternyata terjual dengan harga enam kali lipat dari tawaran itu.

Gitar itu dibeli seharga 6 juta dollar AS lebih atau sekitar Rp 85,5 miliar. Selain menjadi gitar paling mahal dalam sejarah, penjualan ini juga memecahkan empat rekor dunia lain, salah satunya yaitu "benda memorabilia band termahal yang pernah dijual."

Gitar yang digunakan Kurt Cobain saat Nirvana tampil di MTV Unplugged di New York pada 1993 dipamerkan di Hard Rock Cafe Piccadilly Circus, London, Inggris, pada 15 Mei 2020.AFP/DANIEL LEAL-OLIVAS Gitar yang digunakan Kurt Cobain saat Nirvana tampil di MTV Unplugged di New York pada 1993 dipamerkan di Hard Rock Cafe Piccadilly Circus, London, Inggris, pada 15 Mei 2020.
Bersama gitar tersebut disertakan juga wadah hard-shellnya yang oleh Cobain ditempeli tiga kertas klaim bagasi, sebuah pamflet dari band Poison Idea, dan stiker dari Alaska Airlines.

Walau mencapai harga menakjubkan, namun ternyata ada kontroversi soal kepemilikan gitar tersebut. Istri Cobain, Courtney Love dan anak Cobain, Frances Bean sedang mengajukan gugatan untuk mengambil alih gitar tersebut kepada Isaiah Silva, mantan suami Frances.

Isaiah sendiri meyakini gitar tersebut diberikan kepadanya oleh Cobain sebagai hadiah perkawinan, walau dalam lelang nama penjualnya tidak disebutkan alias dirahasiakan.

Adapun pembeli gitar yang memenangkan lelang adalah pendiri RØDE Microphones, Peter Freedman, dan ia berencana membawa gitar tersebut dalam pameran keliling dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com