Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Drama Korea yang Mengandung Pelajaran Hidup, Apa Saja?

Kompas.com - 24/06/2020, 19:18 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Kamu tentu pernah dengar, bahkan tak pernah absen menonton The World of Marriage. Atau mungkin Itaewon Class dan Crash Landing on You?

Ya, ketiganya adalah judul drama Korea (Selatan) yang populer di tahun 2020 ini. Tahukah kamu popularitas drama Korea di Indonesia semakin memuncak dalam beberapa bulan terakhir?

Meningkatnya animo masyarakat ini mungkin sedikit terbantu oleh himbauan pemerintah untuk berada di rumah sepanjang pandemi Covid-19, yang membuat banyak orang menghabiskan sebagian besar waktunya menonton drama Korea.

Google Trend bahkan mencatat bahwa kata kunci ‘drama Korea’ di Google menembus angka tertinggi sepanjang sejarah pencatatannya pada April 2020 kemarin. Selain itu, beberapa judul drama Korea terbaru juga sering kali muncul sebagai kata kunci populer harian yang tercatat di Google.

Popularitas drama Korea bukan tanpa alasan. Daya tarik visual dari para pemerannya dan romansa antara karakter utama yang heartwarming, biasanya menjadi dua faktor utama mengapa banyak orang menyukai drama Korea Selatan.

Namun di balik kedua alasan tersebut, kita juga bisa belajar banyak hal dari kisah-kisah menarik yang diceritakan.

Topiknya pun sangat beragam, misalnya dari kesehatan mental seperti It’s Okay, That’s Love atau Kill Me Heal Me, seputar dunia kedokteran seperti Hospital Playlist atau Good Doctor, tentang hukum seperti I Can Hear Your Voice atau Innocent Defendant, dan masih banyak lagi.

Drama Korea dengan pesan menarik

Drama Korea biasanya juga menyisipkan pelajaran-pelajaran hidup yang bisa diambil melalui kisah berbagai tokohnya, sekaligus pelajaran hidup tentang topik-topik penting yang jarang diangkat di masyarakat.

Berikut adalah lima drama Korea populer dengan pesan menarik yang wajib kamu tonton.

1. It's Okay, That's Love

Topik penting seperti penyakit mental jarang dibahas di berbagai wujud budaya populer, termasuk drama. It’s Okay, That’s Love menyediakan sudut pandang yang positif dan jujur seputar topik sensitif yang kadang sulit dijelaskan.

Drama ini mengedukasi penontonnya mengenai penyakit-penyakit mental, seperti skizofrenia, Obsessive Complusive Disorder (OCD), dan sindrom Tourrette, dan bagaimana kesulitan-kesulitan yang dialami oleh para tokohnya sebagai penderita penyakit-penyakit tersebut.

It’s Okay, That Love bahkan mendapatkan apresiasi dari Korean Society for Schizophrenia Research, yang menyatakan bahwa drama ini memberikan harapan baru bagi pasien skizofrenia dan membantu menghilangkan prasangka-prasangka buruk masyarakat seputar penyakit ini.

Baca juga: 9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

2. Beautiful World

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com