Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamur Enoki Memicu Infeksi Listeria, seperti Apa Gejalanya?

Kompas.com - 26/06/2020, 08:55 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


KOMPAS.com - Infeksi listeria merupakan penyakit yang disebabkan oleh makanan mengandung bakteri Listeria. Penyakit ini berdampak sangat serius pada ibu hamil, orang berusia di atas 65 tahun, dan orang dengan sistem imun rendah.

Bakteri Listeria monocytogenes bisa ditemukan pada daging yang tidak dimasak dengan benar, susu yang tidak dilakukan pasteurisasi, serta yang sekarang sedang heboh di Indonesia, jamur enoki yang diproduksi oleh perusahaan pangan Sun Hong Foods dan Green Co, Ltd asal Korea Selatan.

Orang yang tubuhnya sehat memang jarang menjadi sakit gara-gara infeksi listeria, tetapi pada orang dengan daya tahan tubuh lemah, seperti bayi, janin dalam kandungan, atau lansia, dampaknya bisa fatal.

Jika seseorang terinfeksi listeria, akan timbul gejala berupa demam, nyeri otot dan sendi, pusing, hingga diare.

Gejala itu bisa timbul beberapa hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, atau bisa juga baru ada gejala setelah 30 hari.

Baca juga: Ini Hasil Investigasi Kementan soal Kontaminasi Listeria pada Jamur Enoki asal Korea Selatan

Bila infeksinya menyebar sampai ke sistem saraf, gejala yang perlu diwaspadai adalah nyeri kepala, kaku pada leher, pusing dan bingung, kehilangan keseimbangan, serta kejang.

Pada ibu hamil, infeksi bakteri ini hanya menimbulkan gejala yang ringan, tetapi dampaknya pada bayi dalam kandungan sangat berat, bahkan bisa menyebabkan meninggal sebelum dilahirkan.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda merasa sudah mengonsumsi jamur enoki dan mengalami gejala sakit, terutama demam, pusing, nyeri otot, dan diare.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com