Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Bantu Diet, Kapan Waktu Terbaik Minum Teh Hijau?

Kompas.com - 01/07/2020, 10:53 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Target menurunkan berat badan bisa dicapai dengan menerapkan defisit kalori dengan mengonsumsi sumber makanan sehat. Salah satu makanan yang mengandung banyak manfaat, termasuk mendukung upaya diet adalah teh hijau.

Teh hijau dikenal sebagai minuman paling sehat di dunia karena mengandung komponen yang bernama katekin, antioksidan yang memiliki banyak manfaat, antara lain meningkatkan pembakaran lemak ketika berolahraga dan pembakaran kalori pada masa istirahat.

Penelitian menyebutkan bahwa antioksidan bisa membantu mempercepat metabolisme tubuh, yang akan membantu mempercepat pembakaran lemak dan pada akhirnya membantu menurunkan berat badan.

Tetapi yang menjadi pertanyaan, kapan waktu terbaik mengonsumsi teh hijau dan berapa banyak porsinya?

Tidak seperti diet tertentu, jika hanya bergantung pada teh hijau ke dalam pola makan kita mungkin memerlukan waktu lama untuk menunjukkan hasil. Namun, ada waktu-waktu tertentu di mana konsumsi teh hijau bisa membantu mendapatkan hasil yang lebih baik.

Sejumlah pakar menyarankan konsumsi teh hijau di pagi hari untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan memberikan nutrisi untuk menambah energi.

Baca juga: Minum Teh Hijau Cara Enak Sehatkan Jantung

Teh hijau di pagi hari juga bisa membantu kita untuk lebih fokus dan berkonsentrasi untuk menjalani hari.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa teh hijau memberikan manfaat, terutama jika dikonsumsi sebelum berolahraga.

Sebuah studi yang meneliti 12 orang laki-laki menemukan, konsumsi teh hijau sesaat sebelum berolahraga dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 17 persen.

Studi lain menemukan, minum tiga porsi teh hijau sehari sebelum berolahraga dan satu porsi lagi dua jam sebelum berolahraga dapat meningkatkan pembakaran lemak selama latihan dan saat istirahat.

Namun, minum terlalu teh hijau ternyata juga bisa memberi dampak buruk bagi tubuh. Sehingga untuk membakar lebih banyak kalori, teh hijau sebaiknya hanya dikonsumsi sekitar dua hingga tiga kali sehari.

Ilustrasi minum teh hijau.Shutterstock Ilustrasi minum teh hijau.

Cara membuat

Untuk membuat teh hijau, disarankan merebus air lalu biarkan dingin selama 10 menit, sebelum dituangkan ke kantong teh atau serbuk daun teh hijau. Ini dilakukan karena air mendidih bisa membunuh katekin dalam teh, sehingga manfaatnya menjadi tidak optimal.

Penelitian lainnya menemukan bahwa minum teh hijau sebelum waktu tidur dapat membantu menenangkan tubuh dan menyiapkannya tubuh untuk tidur malam yang baik. Namun jika targetmu adalah menurunkan berat badan, mengonsumsi teh hijau di pagi hari atau sebelum makan adalah pilihan terbaik.

Baca juga: Mengapa Terkadang Kita Lebih Sering Lapar dari Biasanya?

Meskipun tidak ada bukti kuat bahwa minum teh hijau dapat menekan rasa lapar, banyak orang yang mengkonsumsi teh hijau setiap hari menjelaskan bahwa mereka tidak terlalu merasa lapar sepanjang hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com