Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

International Kissing Day: Sejarah dan Fakta di Balik Ciuman

Kompas.com - 07/07/2020, 09:00 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com — International Kissing Day diperingati setiap tanggal 6 Juli. Peringatan yang berasal dari Inggris dan menyebar ke seluruh dunia ini diperingati karena berciuman sering dianggap sebagai praktik romantis dan sehat.

Tujuan dari peringatan ini sebenarnya adalah tentang menunjukkan cinta kepada orang yang dicintai. International Kissing Day adalah perayaan ciuman sederhana di seluruh dunia dalam berbagai bentuk.

Ciuman dianggap sehat karena mentransfer sekitar 80 juta bakteri antara dua mulut. Setiap ciuman memperkenalkan bakteri baru ke tubuh yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dari kedua orang yang terlibat dalam aktivitas ini.

Walau begitu, di tengah pandemi Covid-19, banyak orang memilih untuk tidak berciuman dengan kekasihnya yang tidak tinggal satu rumah demi menghindari penularan virus.

Sejarah International Kissing Day

Sayangnya, tidak diketahui siapa yang mengawali peringatan ini. Namun, diyakini bahwa hari berciuman berasal dari Inggris.

Roma bertanggung jawab atas meluasnya praktik berciuman di Eropa. Menurut National Today, dalam masyarakat Romawi, kapan, di mana, dan bagaimana kamu mencium seseorang adalah indikator penting dari status sosial.

Gagasan utama di balik perayaan hari berciuman adalah bahwa begitu banyak orang telah melupakan kesenangan sederhana yang terkait dengan berciuman. Tak jarang berciuman hanya digunakan sebagai formalitas sosial belaka.

Baca juga: Kurangi Pelukan dan Ciuman Bisa Cegah Penyebaran Corona?

Antropolog modern percaya bahwa ciuman berkembang dari “ciuman Eskimo”, yang merupakan praktik menggosok hidung untuk saling menghirup napas.

Ini juga dipraktikkan di antara banyak penduduk Kepulauan Pasifik sebagai salam, yang telah mengarah pada teori bahwa berciuman adalah pengujian terhadap bau orang lain untuk memeriksa kompatibilitas.

Ilustrasi ciumanNastco Ilustrasi ciuman

Berikut adalah fakta menakjubkan tentang berciuman seperti dikutip dari newsd.in:

1. Ciuman di layar pertama diambil pada tahun 1896 dalam film 30 detik berjudul The May Irwin-John C. Rice Kiss, yang hanya terdiri dari bidikan yang memperlihatkan lelaki dan seorang wanita berciuman.

2. Rekor Inggris untuk ciuman terlama ditetapkan pada 6-7 Juli 2005. Ciuman itu berlangsung selama 31 jam dan 30 menit.

3. Ilmu ciuman disebut filematologi.

4. Menurut penelitian, sekitar dua pertiga orang mengarahkan kepala ke kanan saat berciuman. Dikatakan bahwa preferensi berkembang sejak di dalam rahim.

5. Rantai ciuman terpanjang dicapai oleh 351 peserta di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Jiayuan.com di Beijing, China, pada 11 November 2011.

6. Teks Vedic Sanskrit yang berasal dari 1.500 SM memiliki referensi tertulis untuk berciuman.

7. Teks KamaSutra mengungkapkan daftar sekitar 30 jenis ciuman.

Baca juga: Tradisi Berburu Ciuman Pertama dari Haji Bikin Petugas Kewalahan


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com