Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

#LocalsUnite, Inisiatif Teh Botol Sosro Bagi Kreator Muda Indonesia

Kompas.com - 09/07/2020, 15:52 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi yang menghantam empat bulan terakhir berpengaruh besar bagi ekonomi, terutama bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dukungan dari semua pihak diperlukan agar mereka dapat bertahan.

UMKM dinilai sebagai sektor yang paling rentan terhadap krisis ekonomi karena Covid-19. Pasalnya, jenis usaha ini sangat bergantung pada perputaran uang hasil penjualan barang dagangan.

Salah satu inisiatif untuk mendorong masyarakat membeli produk-produk lokal diusung oleh PT.Sinar Sosro melalui gerakan #LocalsUnite.

"Dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke-75, Teh Botol Sosro menginisiasi gerakan yang disebut #LocalsUnite, gerakan untuk meningkatkan kecintaan pada merek-merek lokal Indonesia yang otentik, inovatif dan kreatif," kata Sabrina Kharisanti, CMO PT Sinar Sosro dalam program "Virtual Launch #LocalsUnite Movement" pada hari Kamis (9/7/2020) sore.

Ia menjelaskan, #LocalsUnite merupakan wadah bagi para kreator untuk berkolaborasi dan memamerkan karya mereka di bidang makanan dan minuman, pakaian dan aksesoris, serta seni.

Baca juga: Jamin Kredit UMKM, Dua BUMN Ini Disuntik Sri Mulyani Rp 6 Triliun

"Kami harap wadah ini akan menjadi ekosistem atau komunitas, sehingga menambah pengalaman bagi UMKM dan kreator, di mana mereka terus bekerja sama dan menciptakan karya kreatif, dan jadi kebanggaan Indonesia di mata global," ujar Sabrina.

Sabrina melanjutkan, setiap kreator yang memiliki ide kreatif dan orisinal, dapat bergabung dengan #LocalsUnite dan memanfaatkan logo serta produk Teh Botol Sosro di dalam karya yang mereka ciptakan.

Menariknya, seluruh hasil penjualan karya akan sepenuhnya menjadi keuntungan pihak kreator.

"Hasil penjualan 100 persen milik kreator, tidak ada sharing profit. Kami hanya sharing pengetahuan tentang teh dan pengalaman kami selama lebih dari 50 tahun berusaha," tutur Sabrina.

Aninditia Santoso selaku pemilik UMKM Pelangi Hijab, bersama sejumlah karyawan membuat APD bagi tenaga medis di pabrik konfeksi miliknya, Kampung Cibereum RT01/01, Desa Sinarsari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (2/4/2020).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Aninditia Santoso selaku pemilik UMKM Pelangi Hijab, bersama sejumlah karyawan membuat APD bagi tenaga medis di pabrik konfeksi miliknya, Kampung Cibereum RT01/01, Desa Sinarsari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (2/4/2020).

Diakui oleh Sabrina, saat ini sudah banyak kreator muda Indonesia yang ikut bergabung di #LocalsUnite, dan hasil karya mereka akan ditampilkan di awal Agustus 2020.

"Mereka yang berpartisipasi rata-rata berada di usia 20-30 tahun. Dalam kolaborasi ini, kami terbuka bagi siapa pun dan dari wilayah mana pun," kata dia.

Inisiasi #LocalsUnite, lanjut Sabrina, telah digagas oleh PT Sinar Sosro sejak awal tahun 2020, dan program tersebut akan terus berjalan.

"Di saat menantang seperti sekarang, kita perlu saling membantu menciptakan karya yang hebat. Dan karya ini tentunya akan memberi hasil yang baik dan dapat dibanggakan di Indonesia dan dunia," ujarnya.

Jika kamu tertarik untuk bergabung dalam gerakan #LocalsUnite, segera kirimkan proposal berupa ide, foto, atau video ke email localsunite@sosro.com.

Baca juga: Bertahan di Tengah Pandemi, UMKM Suvenir Bali Kini Jualan via Online

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com