Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2020, 21:07 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pemerintah, setiap orang wajib memakai masker saat beraktivitas di luar rumah untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Namun, jika kita berada di dalam mobil, perlukah memakai masker wajah?

Menurut Dr. Aaron Hamilton, MD, MBA, dokter di Cleveland Clinic, pemakaian masker tergantung dengan siapa kita berada di dalam mobil.

"Jika kita sendirian di mobil, atau dengan seseorang yang tinggal satu rumah bersama kita, itu adalah situasi yang berisiko rendah dan kita tidak perlu memakai masker wajah," ujar Dr. Hamilton.

Hanya saja, menurut Dr. Hamilton, ada beberapa kondisi di mana pemakaian masker di dalam mobil bisa membantu melindungi orang lain selama pandemi.

"Kondisi itu berlaku jika kita berada di mobil dengan seseorang yang tidak tinggal bersama kita. Termasuk jika kita berada dalam kendaraan ride-sharing, saya akan menghindarinya sebisa mungkin," kata dia.

"Namun jika kondisinya tidak memungkinkan, kita harus memakai masker karena kita tidak bisa menjaga jarak fisik yang aman dari seseorang."

Baca juga: Pakai Masker Bikin Kita Otomatis Jaga Jarak, Apa Alasannya?

Kita juga harus memakai masker di saat membuka jendela mobil atau berinteraksi dengan seseorang di lokasi pengambilan kartu parkir atau makanan drive-thru, ucap Dr. Hamilton.

Jika pekerjaan menuntut kita untuk sering berhenti beberapa kali selama perjalanan, seperti petugas pengantaran paket, sangat beralasan untuk tetap menggunakan masker di dalam mobil.

"Itu akan mencegah kita berulang kali menyentuh masker yang bisa saja mengandung kuman, saat melepasnya dan memasangnya kembali setiap kali kita keluar dari mobil," tuturnya.

Dr. Hamilton mengingatkan, saat mengenakan masker di dalam mobil, pastikan masker terpasang dengan benar.

"Masker harus menutupi hidung dan mulut kita, tapi tidak menghalangi penglihatan kita."

Baca juga: Masih Enggan Pakai Masker? Lihat Percobaan Ini!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com