Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Manfaat Keju dan Kemungkinan Efek Sampingnya

Kompas.com - 09/07/2020, 22:16 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa dari kita mungkin sangat menyukai rasa keju yang lembut dan lezat saat dikonsumsi.

Keju kerap dimakan begitu saja sebagai camilan, atau dicampurkan dalam hidangan pembuka atau hidangan sampingan seperti, burger, kue kering atuau salad.

Produk susu yang difermentasi dan berbahan dasar susu ini juga disukai semua orang dari segala usia.

Baca juga: Mengenal 4 Jenis Keju Lezat

Pertanyaannya adalah, apakah keju itu sehat dan apakah konsumsinya harus dibatasi? Apa efeknya bagi tubuh kita terlalu banyak mengonsumsi keju?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dilansir Medical Daily, berikut adalah manfaat dan efek samping yang mungkin muncul karena mengonsumsi keju: 

Manfaat

1. Keju kaya akan kalsium, magnesium, vitamin dan protein, dibutuhkan untuk memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis dan masalah kesehatan tulang lainnya.

2. Protein, khususnya, membantu memperkuat otot-otot dalam tubuh, sementara magnesium membantu fungsi sistem kekebalan tubuh, mempertahankan fungsi otot dan saraf, serta mempertahankan ritme jantung yang normal.

3. Kandungan kalsium dalam keju membantu melindungi gigi dari kerusakan dengan meningkatkan kadar fosfat di mulut. Fosfat sendiri juga membantu memperkuat tulang.

4. Keju memiliki asam linoleat terkonjugasi yang tidak hanya dapat melindungi dari kanker, tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus meningkatkan massa tubuh tanpa lemak.

5. Untuk ibu menyusui, keju dapat menebus kekurangan kalsium selama menyusui.

6. Keju cheddar dan jenis keju lainnya kaya akan selenium, yang dapat membantu mencegah virus berkembang dan mengurangi risiko kanker tiroid.

Selain itu, mineral penting ini adalah antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh, yang bisa melindungi sel dari efek radikal bebas yang merusak kulit dan kekebalan tubuh.

7. Salah satu jenis keju, keju Camembert, dapat membantu mengurangi tingkat sitokin inflamasi, yang berpotensi meningkatkan kesehatan otak. Keju berbahan dasar susu sapi Prancis ini lembab, lembut dan creamy, mirip dengan keju Brie.

8. Varian keju rendah sodium dapat menjaga kadar tekanan darahmu dan menjadikannya ideal jika kamu menderita hipertensi.

Baca juga: 5 Alasan Harga Keju Parmesan Begitu Mahal...

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com