Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2020, 14:41 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Dua karya seni Jean-Michel Basquiat rupanya menemukan kanvas baru. Kanvas itu adalah sepatu Dr. Martens.

Dalam rilis terbaru, brand sepatu Inggris itu menggunakan sepatu ikoniknya, yaitu seri 1460 dan 1461 untuk mengabadikan karya seni artis yang karyanya unik tersebut.

Sepatu boots 1460 "digambari" dengan cover art karya Basquait untuk Beat Bop, sebuah single milik artis hip-hop Amerika Rammellzee dan K-Rob - yang barang aslinya dianggap sebagai "benda keramat" karena sangat langka.

Desain Basquiat ini sedikit berbeda dari kebiasaannya, di mana ia memutuskan untuk hanya menggambar karya seni hitam putih dan bukan penuh warna seperti yang sering ia lakukan.

Namun, motifnya tetap konsisten dengan gaya sang seniman - sebuah grafiti yang semrawut berhias gambar tulang, mahkota, ledakan dengan kata "BANG!" di dalamnya, angka romawi, dan sejumlah gambar kiasan lainnya.

Karya seni yang seperti corat-coret anak-anak ini terpampang di bagian atas sepatu, sedangkan bagian depannya dibuat tetap hitam polos dengan aksen jahitan kuning khas Dr Martens.

Dr Martens 1461 Jean-Michel Basquiat DustheadsDr Martens Dr Martens 1461 Jean-Michel Basquiat Dustheads
Sementara pada sepatu seri 1461 menjadi kanvas lukisan Basquiat yang penuh warna, yakni Dustheads. Lukisan ini dibuat tahun 1982, yang terjual dengan harga 48,8 juta dollar AS atau sekitar Rp 707 miliar, dan memecahkan rekor sebagai lukisan termahal di dunia pada lelang Christie's New York tahun 2013.

Bagian tumit dan samping tetap hitam, sedangkan bagian depan dan lidahnya berhias karya Basquiat tersebut. Sepatu ini juga dihiasi motif mahkota kecil khas Basquiat di bagian belakang.

Sebagai catatan, beberapa tahun kemudian, rekor penjualan lukisan Dustheads itu dikalahkan oleh lukisan Basquiat yang lain.

Lukisan berjudul Intitled yang menggambarkan kepala mirip tengkorak, menggunakan cat akrilik, dan semprotan di kanvas raksasa, tercatat sebagai lukisan termahal di dunia sepanjang abad ke-20.

Seorang kolektor asal Jepang, Yusaku Maezawa, membeli lukisan tersebut seharga 110,5 juta dollar AS atau setara dengan Rp. 1,48 triliun, dalam rumah lelang Sotheby New York, tanggal 18 Mei 2017. Rekor itu tercapai berselang hampir 30 tahun setelah kematian Basquiat.

Jean-Michel Basquiat x Dr. Martens 1460 dan 1461 akan tersedia pada 10 Juni 2020. Namun sayangnya koleksi ini sepertinya tidak masuk ke Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com