Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaki Berkeringat dan Bau, Atasi dengan Cara Sederhana Ini

Kompas.com - 15/07/2020, 09:10 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Apakah kamu sering merasa tidak nyaman karena kakimu berkeringat dan membuatnya menjadi bau?

Kaki berkeringat merupakan kondisi umum yang dapat terjadi, apalagi setelah kepanasan, berolahraga, atau panik. Akan tetapi, pada sebagian orang, kondisi ini dapat mengindikasikan hiperhidrosis.

Hiperhidrosis adalah kondisi di mana seseorang mengeluarkan lebih banyak keringat dari jumlah normal. Salah satu bentuk hiperhidrosis yang banyak terjadi adalah hiperhidrosis plantar atau kaki berkeringat. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?

Mengatasi kaki berkeringat

Kondisi keringat berlebih dikaitkan dengan faktor keturunan, namun bisa juga disebabkan oleh hal lain yang mendasarinya. Masalah ini dapat muncul pada masa kanak-kanak atau remaja, namun bisa juga terjadi pada usia berapa pun.

Kaki berkeringat bisa mengundang masalah, seperti alas kaki menjadi basah terus-menerus, kaki menjadi bau, kutu air, hingga jamur pada kuku kaki. Bahkan kondisi ini juga seringkali disertai dengan keringat berlebih pada telapak tangan.

Masalah ini bisa membuat rasa percaya diri penderitanya berkurang. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Mencuci kaki

Mencuci kaki yang berkeringat tak hanya membersihkan keringat dan bakteri, namun juga dapat mendinginkan kulit dan mengurangi keringat.

Cucilah kaki sebanyak dua kali sehari. Kamu dapat menggunakan sabun antijamur atau beberapa tetes minyak esensial antimikroba, seperti tea tree oil atau kayu putih.

Kemudian, keringkan kaki secara menyeluruh, terutama pada sela-sela jari kaki. Ini penting untuk dilakukan karena kulit yang lembap dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri dan jamur di kaki.

Baca juga: Bau Kaki Bisa Sangat Mengganggu, Hilangkan dengan Cara Ini

2. Merendam kaki dalam teh hitam

Merendam kaki dalam teh hitam dapat menjadi cara yang efektif untuk menghentikan kaki berkeringat. Kandungan tanin yang terdapat dalam teh hitam dapat mengecilkan pori-pori kulit hingga mengurangi aliran keringat.

Rendam kaki dalam baskom berisi air hangat yang telah ditambahkan dua kantong teh hitam, kemudian biarkan selama kurang lebih 20 menit.

Baca juga: Menghilangkan Bau Kaki dengan Kantong Teh Celup

3. Menggunakan losion antiperspirant

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com